span 1 span 2 span 2

Psikologi

Diplomat

Deskripsi

Seorang diplomat melakukan pekerjaan yang sangat penting bagi negara mereka. Hampir setiap negara yang ada memiliki beberapa diplomat yang dikirim ke berbagai negara lain untuk tujuan negosiasi dan hubungan mediasi antara kedua negara. Seorang diplomat harus menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya di negara tempat kerjanya. Selain itu, ia juga harus dapat dipercaya di negaranya sendiri. Oleh karena itu, seorang diplomat harus memiliki kemampuan komunikasi dan persuasi yang mumpuni agar dapat mencapai tujuan atau kesepakatan yang diinginkan.

Berbagai profesi terkait

  • Duta Besar
  • Pegawai Kedutaan
  • Pegawai Kementerian Luar Negeri

Kisaran Pendapatan

Gaji bagi seorang dengan jabatan staff diplomat berkisar Rp4.000.000 – Rp7.000.000, sedangkan untuk jabatan eksekutif dan Duta Besar gaji bisa mencapai lebih dari Rp10.000.000.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Sosial Politik, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu kunci kesuksesan seorang diplomat. Maka, apabila kamu ingin menjadi seorang diplomat, kamu harus menguasai Bahasa Inggris karena proses diplomasi dilakukan melalui bahasa internasional. Tak ada salahnya pula untuk menguasai bahasa asing lain yang banyak digunakan di berbagai negara seperti Bahasa Prancis, Bahasa Arab, atau Bahasa Mandarin.

Sebagai perwakilan sebuah negara, diplomat juga harus menguasai ilmu hukum dan pemerintahan, baik yang berlaku di negara asal maupun negara tujuan. Hal ini diperlukan agar proses diplomasi dapat berjalan lancar karena telah memahami aturan yang berlaku di masing-masing negara. Tak hanya persoalan hukum dan pemerintahan, seorang diplomat juga harus berwawasan luas karena masalah diplomatik banyak bersinggungan dengan berbagai isu politik, ekonomi, dan lain-lain.

Teknik negosiasi dan persuasi tentu perlu dikuasai seorang diplomat agar proses perundingan antarnegara dapat berjalan baik serta membuahkan keputusan yang menguntungkan bagi negara yang diwakili. Sebelum berunding dengan negara lain, seorang diplomat juga harus memahami latar belakang dari masalah yang dibahas. Oleh karena itu, ia harus peka dan kritis terhadap masalah tersebut.

Di luar itu, seorang diplomat harus dapat menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dengan mempertimbangkan dan mengambil keputusan yang strategis. Ia juga perlu memahami teknik berkomunikasi baik lewat lisan maupun tulis, serta menguasai hal-hal yang bersifat administratif.



Instansi pekerjaan

  • Kedutaan besar Negara
  • Kementerian