span 1 span 2 span 2

Psikologi

Counselling Psychologist

Deskripsi

Psikolog konseling memiliki pekerjaan untuk menyarankan pasien tentang bagaimana menangani suatu masalah. Mereka membantu pasien untuk memahami masalah, termasuk masalah di rumah, di tempat kerja, atau di komunitas mereka. Melalui konseling, mereka bekerja dengan pasien untuk mengidentifikasi kekuatan atau sumber daya mereka yang dapat digunakan untuk mengelola masalah. Oleh sebab itu, seorang psikolog konseling harus memiliki kemampuan untuk membaca karakter seseorang.

Berbagai profesi terkait

  • Psikolog
  • Konselor
  • Penasihat Profesional
  • Psikolog Konseling
  • Spesialis Ilmu Perilaku Terapan
  • Direktur Layanan Konseling

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang konselor psikologi sangat bervariasi dan biasanya dihitung perhari, sesi, atau per bulan. Namun rata-rata berkisar Rp3.000.000 hingga lebih dari Rp5.000.000. Namun bagi yang sudah memiliki banyak pengalaman, gaji yang didapatkan bisa mencapai lebih dari Rp7.500.000.


Kualifikasi

Gelar Master Psikologi; Sertifikat Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia.



Keahlian dibutuhkan

Psikolog konseling harus berorientasi untuk melayani pasien dalam menyelesaikan masalah yang ia miliki. Oleh karena itu, seorang psikolog harus terlebih dahulu memahami masalah yang dimiliki pasien secara mendalam. Untuk itu, ia harus memiliki kepekaan dan sensitif terhadap masalah yang dihadapi pasien. Tak hanya itu, ia juga harus berempati pada masalah pasien tersebut supaya mampu memahami dan mengidentifikasi masalah tersebut meski sang pasien tidak menjelaskannya secara eksplisit.

Seorang psikologi konseling harus merupakan orang mampu mendengar cerita orang lain dengan baik. Sebagai seorang pendengar, ia harus tahu cara bertanya yang tepat kepada pasien serta tahu waktu yang tepat untuk memotong omongan pasien. Selain itu, kemampuan komunikasi yang baik juga diperlukan supaya pasien merasa nyaman untuk berkonsultasi dengan seorang psikolog konseling. Meski begitu, ia harus kritis bertanya kepada pasien supaya dapat mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang dialami.

Kemampuan analisis merupakan kewajiban bagi profesi ini supaya dapat menentukan langkah tepat untuk menyelesaikan masalah yang dirasakan pasien. Kemampuan berbicara dan menulis juga dibutuhkan seorang psikolog konseling untuk berkomunikasi dan memberikan rekomendasi kepada pasien. Seorang psikolog konseling sebaiknya menguasai Bahasa Inggris untuk memudahkan komunikasi dengan pasien.



Instansi pekerjaan

  • Rumah sakit
  • Biro-biro
  • Klinik
  • Sekolahan