span 1 span 2 span 2

Psikologi

Coaching (Motivator)

Deskripsi

Motivator bekerja untuk berbagai organisasi, seperti sekolah, tim olahraga, ataupun perusahaan. Mereka membantu memotivasi berbagai hal yang diperlukan oleh seorang klien untuk meningkatkan produktivitas, keyakinan, dan prestasi. Seorang motivator harus bisa untuk menganalisis sejarah perilaku organisasi, menemukan cara yang tepat untuk memberikan motivasi, menciptakan strategi dan solusi untuk meningkatkan kinerja, serta memberi nasihat tentang cara untuk mencapai tujuan dari organisasi.

Berbagai profesi terkait

  • Motivator
  • Inspirator

Kisaran Pendapatan

Pendapatan seorang motivator biasanya dihitung per pertemuan, per jam atau per hari. Rate nya pun berbeda antara pembicara motivator pemula, motivator senior, maupun motivator internasional. Seorang motivator pemula mendapatkan sekitar Rp2.500.0000 hingga Rp5.000.000 per sesi atau per hari. Sementara untuk motivator senior yang sudah memiliki nama berkisar Rp7.000.000 hingga lebih dari Rp20.000.000. Motivator Internasional bisa mendapatkan lebih dari Rp50.000.000 per sesi.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Semua Jurusan; Sertifikat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).



Keahlian dibutuhkan

Public speaking merupakan modal penting seorang motivator untuk dapat memotivasi orang lain. Sebab, dengan public speaking yang baik seorang motivator dapat menyampaikan pesan-pesan motivasinya secara jelas dan efektif. Namun, public speaking bukan satu-satunya kemampuan yang wajib ia miliki.

Dalam memotivasi, seorang motivator harus memiliki kepekaan sosial dan rasa simpati terhadap pihak yang dimotivasi. Hal ini penting supaya ia tahu apa yang dirasakan oleh kliennya sehingga ia dapat menentukan pesan seperti apa yang dapat memberikan motivasi kuat kepada mereka. Seorang motivator sebaiknya juga menguasai bidang yang didalami kliennya. Misal, apabila sedang memotivasi sebuah tim olahraga ia harus memahami olahraga tersebut.

Pengalaman hidup yang menarik dan inspiratif dapat menjadi nilai tambah bagi seorang motivator. Sebab, ia dapat menceritakan kisah inspiratif dan motivatif itu secara lengkap. Selain lisan, seorang motivator juga perlu menguasai teknik penulisan yang baik karena pesan-pesan motivasi dapat pula disusun dalam bentuk tulisan. Buktinya, buku-buku motivasi banyak dan mudah ditemukan di tiap toko buku.

Dalam menyusun pesan motivasi, profesi ini harus menganalisis sejarah perilaku organisasi, menentukan cara penyampaian yang tepat, serta menciptakan strategi sebagai solusi dari masalah yang dihadapi.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Perguruan tinggi
  • Sekolah