span 1 span 2 span 2

Politik

Public Officer (PNS)

Deskripsi

Pegawai negeri sipil merupakan salah satu profesi yang penting dalam menjalankan roda pemerintahan. Pegawai negeri sipil memiliki fungsi untuk melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh negara, dan melayani kebutuhan publik. Seorang pegawai negeri sipil harus bersikap profesional, transparan, dan akuntabel.

Berbagai profesi terkait

  • Pegawai Pemerintah
  • Pegawai Negeri Sipil
  • Pelayanan Sipil

Kisaran Pendapatan

  • Golongan I: Rp1.486.500 - Rp2.558.000
  • Golongan II: Rp1.926.000 - Rp3.638.000
  • Golongan III: Rp2.456.000 - Rp4.568.800
  • Golongan IV: Rp2.899.500 - Rp5.620.300

Kualifikasi

Gelar Sarjana Semua Jurusan.



Keahlian dibutuhkan

Dalam bekerja, seorang Public Officer atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus memiliki orientasi pada layanan dan kepuasan publik. Oleh karena itu, profesi ini tentu wajib memiliki kemampuan dalam melayani pelanggan, yang dalam hal ini merupakan publik atau masyarakat. Kemampuan melayani masyarakat ini mencakup kemampuan berkomunikasi secara baik dengan mereka. Seorang PNS tentu harus komunikatif dan berperilaku sopan apabila sedang berinteraksi dengan publik.

Dalam melayani publik, seorang PNS harus memiliki kepekaan sosial dan senisitivitas masalah yang tinggi. Kedua hal ini diperlukan agar ia mampu memahami masalah yang tengah dihadapi oleh masyarakat dan menemukan solusinya. Sebagai profesi yang bekerja di sebuah instansi pemerintahan, seorang PNS tentu harus menguasai pengetahuan di bidang pemerintahan. Selain itu ia juga perlu memahami aturan hukum agar mengetahui kebijakannya sesuai atau tidak dengan aturan hukum yang berlaku.

Kemampuan berbahasa Inggris juga patut dimiliki seorang PNS karena tak menutup kemungkinan ia akan berinteraksi dengan orang-orang berkewarganegaraan asing. Selain itu, ia juga harus memahami sistem dan prosedur yang berlaku di instansi tempat bekerja. Untuk itu, pengetahuan di bidang administrasi dan manajemen akan sangat penting untuk dikuasai seorang PNS. Kemampuan lain yang diperlukan adalah penalaran deduktif dan induktif, pemahaman lisan dan tulis, serta penyusunan informasi.



Instansi pekerjaan

  • Pemerintahan