span 1 span 2 span 2

Politik

Psychotherapist

Deskripsi

Psikoterapis bekerja untuk membantu dan mengobati individu yang mengalami kesulitan emosional dan psikologis. Mereka membantu pasien untuk memahami masalahnya dan membuat perubahan yang sesuai untuk kehidupannya. Oleh sebab itu, seorang psikoterapis harus memiliki rasa simpati dan empati yang tinggi, dapat mengobervasi perasaan pasien, serta memiliki pikiran yang positif.

Berbagai profesi terkait

  • Psikolog Klinis
  • Psikoterapis
  • Ahli Terapi Ketergantungan Zat Kimia

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang Psikoterapis rata-rata berkisar antara Rp7.500.000 hingga lebih dari Rp15.000.000.


Kualifikasi

Gelar Master Psikologi Klinis; Sertifikat Lembaga Sertifikasi Profesi.



Keahlian dibutuhkan

Seorang psikoterapis harus memiliki orientasi utama penyelesaian masalah yang dialami oleh pasien. Untuk menyelesaikan problem itu, ia wajib memahami perasaan pasien terkait masalah yang dihadapi. Oleh karena itu, ia wajib peka dan memiliki rasa simpati kepada pasien yang datang untuk berkonsultasi. Sebab, kepekaan dan rasa simpati akan meningkatkan kepercayaan pasien untuk mengutarakan problem yang dialaminya kepada seorang psikoterapis.

Seorang psikoterapis juga harus berani menanyakan pertanyaan-pertanyaan kritis dan sensitif kepada pasien supaya dapat menggali informasi lebih jauh. Dalam tahap ini, kemampuan komunikasi interpersonal menjadi modal penting bagi seorang psikoterapis. Tak cuma itu, ia juga harus memiliki pikiran yang positif supaya pasien dapat merasa tenang dan optimis akan kesembuhannya. Seorang psikoterapis juga harus bisa berinteraksi dengan orang-orang yang beragam.

Kemampuan analisis juga wajib dimiliki profesi ini agar ia dapat mengetahui langkah paling tepat dalam mengobati kesulitan yang dialami pasien. Dalam menentukan solusi, pengetahuan di bidang psikologi serta terapi dan konseling tentu wajib dikuasai oleh seorang psikoterapis. Kemampuan lain yang wajib dimiliki psikoterapis adalah penyusunan informasi, pemahaman lisan dan tulis, serta layanan pelanggan dan personal.



Instansi pekerjaan

  • Rumah sakit
  • Klinik
  • Perguruan tinggi