span 1 span 2 span 2

Politik

Observer (Pengamat Politik)

Deskripsi

Seorang pengamat politik memiliki ruang lingkup tugas untuk mengamati isu-isu politik dan memberikan hasilnya kepada klien mereka, seperti anggota DPR, partai politik, serikat pekerja, lembaga pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, media massa, ataupun lembaga internasional. Selain itu seorang pengamat politik juga dapat memberikan masukan, komentar, ataupun kritik yang membangun di media massa maupun elektronik terkait pandangan mereka terhadap suatu isu perpolitikan. Mereka harus memiliki kemampuan analisis yang tajam dan kepekaan yang tinggi mengenai isu-isu politik yang sedang berkembang.

Berbagai profesi terkait

  • Pengamat Politik
  • Dosen
  • Profesor

Kisaran Pendapatan

Untuk profesi ini gaji tidak dapat dipastikan.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Sosial Politik,  dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Modal terpenting bagi seorang pengamat politik adalah familiar dan kritis dengan isu-isu politik. Sebab, ia bertugas untuk mengamati isu-isu tersebut, menganalisisnya, dan memberikan hasil analisis itu kepada kliennya. Oleh karena itu, seorang pengamat politik wajib memilki sensitivitas dan kepekaan sosial yang tinggi supaya dapat mengetahui isu politik apa yang sedang berkembang di tengah masyarakat.

Profesi peneliti politik harus menguasai metode penelitian untuk menganalisis isu-isu yang berkembang. Demi memiliki kemampuan analisis yang baik, seorang peneliti politik mesti lihai dalam mempertimbangkan dan mengambil sebuah keputusan, menentukan masalah, serta menguasai penalaran deduktif dan induktif. Profesi ini juga dituntut mampu menyusun informasi baik dalam bentuk lisan dan tulisan agar laporan penelitiannyanya dapat disampaikan secara efektif. Hasil penelitian ini sebaiknya dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi klien.

Seorang peneliti politik tentu harus fasih memahami sistem politik dan pemerintahan yang berlaku di sebuah wilayah. Selain itu, penguasaan di bidang ilmu sosiologi dan antropologi dapat menjadi nilai tambah bagi profesi ini. Kemampuan berbahasa Inggris juga penting untuk dikuasai karena seorang pengamat politik dapat menjadi narasumber sebuah media untuk membahas kondisi politik sebuah negara. Kemampuan lain yang perlu dikuasai oleh pengamat politik adalah penyelesaian masalah, persuasi, dan negosiasi.



Instansi pekerjaan

  • Perguruan tinggi