span 1 span 2 span 2

Politik

Operator Mesin

Deskripsi

Seorang operasi mesin memiliki tanggung jawab untuk memeriksa mesin di sebuah industri sebelum dinyalakan. Mereka biasanya bertugas untuk memeriksa bahan bakar mesin, melaporkan temuan kerusakan pada mesin kepada pengawas lapangan, serta memastikan perawatan dari mesin tersebut. Profesi ini harus memiliki pengetahuan yang dalam mengenai berbagai macam mesin dan bagaimana cara merawatnya.

Berbagai profesi terkait

  • Operator Alat
  • Operator Produksi

Kisaran Pendapatan

Gaji Operator Mesin berkisar Rp2.300.000 hingga Rp13.800.000, namun gaji rata rata Operator Mesin adalah Rp6.800.000 tergantung pada UMK / UMP di masing – masing daerah.


Kualifikasi

Lulusan SMK Jurusan Mesin, Elektro, Gelar Sarjana Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Modal utama yang wajib dimiliki seorang operator mesin tentu saja kemampuan dalam mengoperasikan mesin tersebut. Tak hanya mengoperasikannya, ia pun dituntut untuk memahami cara kerja mesin tersebut serta spesifikasinya. Selain itu, ia harus mampu merawat dan menjaga kualitas mesin tersebut. Oleh sebab itu, seorang operator mesin harus memiliki pengetahuan mengenai berbagai jenis mesin serta cara merawatnya. Ia pun mesti mampu melakukan reparasi apabila mesin tersebut mengalami masalah.

Pengetahuan di bidang teknologi pun wajib ia miliki agar update dengan perkembangan mesin-mesin terbaru. Selain itu, seorang operator mesin juga harus mempunyai ketelitian dan kecermatan agar mesin dapat bekerja dengan baik. Sementara, apabila terjadi kekeliruan sekecil apa pun dapat menimbulkan masalah yang fatal. Kemampuan koordinasi pun dibutuhkan oleh profesi ini karena seorang operator mesin biasanya bekerja dalam sebuah tim.

Seorang operator mesin juga harus kritis dan memiliki kemampuan anailisis yang baik. Hal ini diperlukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan sebuah mesin serta kelebihan dan kekurangan mesin tersebut. Selain itu, seorang operator dituntut mempunyai stamina yang baik karena ia harus bekerja dalam waktu yang panjang serta berulang-ulang. Kemampuan lain yang perlu ia miliki adalah penyelesaian masalah kompleks serta penalaran deduktif dan induktif.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan oil and gas
  • Perusahaan otomotif
  • Perusahaan mesin