span 1 span 2 span 2

Politik

Consultant Politics

Deskripsi

Seorang konsulltan politik biasanya memberikan nasihat kepada kandidat walikota, bupati, gubernur, anggota legislatif, maupun presiden dan wakil presiden. Tujuannya adalah untuk meningkatkan elektabilitas kandidat, menyusun strategi kampanye, ataupun membuat rancangan kebijakan. Oleh karena itu, konsultan politik harus memiliki pengetahuan yang luas terkait isu-isu sosial, ekonomi, dan politik di masyarakat. Konsultan politik juga harus memiliki kedekatan dengan masyarakat agar mengetahui kepentingan serta perilaku memilih untuk dirumuskan menjadi strategi kampanye dan rancangan kebijakan bagi kandidat.

Berbagai profesi terkait

  • Political Consultant
  • Konsultan Marketing Politik

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang konsultan politik berkisar Rp6.000.000 hingga lebih dari Rp15.000.000 tergantung pengalamannya dalam menangani klien-klien sebelumnya.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Sosial Politik, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Demi meningkatkan elektabilitas kandidat, konsultan politik harus mampu menyusun strategi kampanye dan rancangan kebijakan bagi kandidat. Untuk itu, ia harus peka dan dekat dengan masalah-masalah sosial, ekonomi, dan politik yang ada di tengah masyarakat serta kemampuan untuk penalaran deduktif dan induktif. Sebagai sosok yang berhubungan langsung dengan dunia politik, ia juga harus menguasai pengetahuan mengenai hukum dan pemerintahan.

Konsultan politik biasanya menjadi salah satu aktor utama dalam penyusunan strategi kampanye. Oleh karena itu, ia harus memiliki kemampuan dalam mempertimbangkan dan mengambil sebuah keputusan yang strategis. Ia juga harus menguasai persoalan manajemen dan administratif dalam sebuah tim kampanye agar kampanye yang dilakukan dapat berjalan efektif.

Kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan pun harus dikuasai untuk memasarkan kandidat yang diusung. Tak hanya itu, konsultan politik juga harus memiliki kreativitas dan penuh dengan ide agar kampanye dapat dikemas secara menarik. Orisinalitas strategi kampanye juga perlu diperhatikan karena hal itu dapat mempengaruhi pandangan pemilih terhadap kandidat yang diusung.



Instansi pekerjaan

  • Pemerintahan
  • Partai Politik