span 1 span 2 span 2

Politik

Interior Design (Desain Interior)

Deskripsi

Desainer interior memiliki kewajiban untuk mendesain atau merenovasi ruang internal, termasuk struktur perubahan, perabotan, perlengkapan, pencahayaan, serta skema warna. Profesi ini harus bisa menggabungkan penggunaan ruang yang efisien dan fungsional dengan pemahaman estetika.

Berbagai profesi terkait

  • Perancang Interior
  • Perancang Desain Interior
  • Koordinator Desain Interior
  • Konsultan Desain Interior
  • Pengarah Interior
  • Konsultan Dekorasi
  • Desainer Interior Komersil

Kisaran Pendapatan

Gaji Desainer Interior berkisar mulai dari Rp3.700.000 hingga Rp8.400.000 per bulan atau lebih sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Arsitektur Interior, Desain, dan Jurusan Lain yang Sesuai; Sertifikasi Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII).



Keahlian dibutuhkan

Kemampuan visualisasi merupakan kemampuan utama yang wajib dimiliki seorang desainer interior. Sebab, seorang desainer interior harus mampu menuangkan imajinasi yang dimilikinya ke dalam sebuah rancangan interior. Oleh sebab itu, profesi ini dituntut pula untuk memiliki kreativitas tinggi agar ia dapat membuat rancangan interior yang berestetika. Meski begitu, seorang desainer interior tidak boleh hanya memperhatikan estetika dalam merancang interior. Ia juga harus memperhatikan aspek fungsional dari ruangan yang ia rancang.

Dalam melakukan pekerjaannya, seorang desainer interior pun wajib menguasai pengetahuan di bidang pembangunan dan konstruksi. Sebab, ia mesti memastikan rancangan yang ia buat dapat dibangun secara efektif dan efisien, baik dari segi biaya dan waktu. Selain itu, ia juga perlu memiliki orientasi spasial dalam merancang interior sebuah ruangan. Kepekaan sosial penting pula untuk dimiliki seorang desainer interior agar rancangan yang ia buat sesuai dengan lingkungan sekitar.

Di luar hal-hal teknis di atas, seorang desainer interior harus mempunyai rasa orisinalitas agar rancangan yang ia buat tidak dituduh meniru karya orang lain. Selain itu, ia pun sebaiknya memiliki kemampuan administrasi dan manajemen untuk mengorganisir pekerjaannya agar berjalan sesuai rencana. Kemampuan lain yang perlu dimiliki profesi ini adalah layanan pelanggan dan personal, orientasi melayani, serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Perumahan