span 1 span 2 span 2

Politik

Financial Manager

Deskripsi

Manajer keuangan memiliki tanggung jawab untuk memastikan kondisi keuangan suatu organisasi dan perusahaan melalui kegiatan investasi dan strategi pendanaan jangka panjang. Manajer keuangan juga melakukan analisis data dan menyarankan manajer senior pada ide-ide memaksimalkan keuntungan. Terdapat beberapa jenis manajer keuangan dalam suatu perusahaan, yaitu manajer kredit, manajer kas, manajer risiko, dan manajer asuransi. Kemampuan yang harus dimiliki oleh manajer keuangan adalah komunikasi yang baik dalam mempresentasikan suatu laporan, pemecahan masalah dalam permasalahan keuangan, kecakapan dalam negosiasi, ketelitian terhadap hal-hal yang detail, dapat memimpin dan memberikan motivasi kepada tim yang dibawahinya, serta dapat memutuskan keputusan yang cepat, tetapi rasional.

Berbagai profesi terkait

  • Asisten Manajer
  • Asisten Wakil Presiden
  • Manajer Administrasi Pinjaman
  • Manajer Keuangan

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang Financial Manager pada level Assistant Manager berkisar Rp8.450.000 hingga Rp17.500.000/bulan tergantung lokasi dan perusahaan tempat bekerja. Pada level Senior Manager gaji mencapai Rp22.000.000 hingga Rp32.000.000 atau lebih per bulannya.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, Administrasi, atau jurusan lain yang relevan; Diutamakan Sertifikat Brevet A/B/C.



Keahlian dibutuhkan

Seorang manajer keuangan harus memiliki pengetahuan yang luas di bidang keuangan perusahaan, mualai dari investasi, asuransi, hingga masalah perpajakan. Sebab, manajer keuangan merupakan sosok yang berperan penting dalam menjaga kesehatan keuangan sebuah perusahaan melalui kegiatan investasi dan strategi pendanaan jangka panjang. Untuk itu, ia harus mampu menganalisis peluang-peluang yang dapat diambil oleh perusahaan sebagai langkah strategis. Maka, keahlian akuntansi dan pola pikir kritis perlu dikuasai agar dapat menunjang kemampuan analisis tersebut.

Setelah menganalisis, manajer keuangan juga harus bisa menyusun dan mempresentasikan hasil analisisnya dengan baik. Untuk itu, kemampuan berkomunikasi dan negosiasi perlu dikuasai oleh manajer keuangan agar rekan kerjanya dapat meyakini dan menyetujui strategi yang ditawarkan. Dalam tingkatan yang lebih tinggi, seorang manajer keuangan pun wajib terampil dalam mengambil keputusan. Sebab, keputusan yang diambil akan sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis perusahaan. Keputusan ini pun harus diambil secara cepat namun tetap rasional.

Posisi manajer keuangan biasanya berada dalam posisi yang cukup tinggi dalam sebuah perusahaan. Artinya, seorang manajer keuangan pasti telah memiliki anak buah yang bekerja di bawah kepemimpinannya. Oleh karena itu, kemampuan-kemampuan di atas akan semakin baik bila dilengkapi dengan kemampuan memimpin sebuah tim dan dapat memberi motivasi bagi tim yang dipimpinnya.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Lembaga Keuangan
  • Pemerintahan