span 1 span 2 span 2

Politik

Entrepreneur

Deskripsi

Seorang entrepreneur melakukan aktivitasnya dalam menjalankan wirausaha yang diciptakannya. Seorang enterpreneur memiliki kemampuan dalam mengetahui produk baru, dapat menentukan jenis produksi baru, memasarkan, serta mengatur urusan operasionalnya. Seorang entrepreneur harus mampu dalam berfikir kreatif dan imajinatif, sehingga dapat menciptakan produk baru yang nantinya dapat dipasarkan.

Berbagai profesi terkait

  • Pengusaha
  • Wirausahawan
  • Businessman
  • Business Owner

Kisaran Pendapatan

Gaji tidak dapat dipastikan karena seorang pengusaha dapat menentukan sepenuhnya gajinya sendiri.


Kualifikasi

Tidak Memerlukan Kualifikasi Tertentu



Keahlian dibutuhkan

Sebagai sosok yang amat vital dalam pembentukan dan pengelolaan bisnis, seorang entrepreneur tentu harus menguasai seluk-beluk dunia bisnis mulai dari perencanaannya hingga evaluasinya. Maka, ia perlu fasih dalam memahami ilmu administrasi dan manajemen. Dalam menjalankan perusahaannya, ia harus cakap dalam pengelolaan keuangan mulai dari pencatatan keluar-masuknya uang hingga penyusunan laporan keuangan. Oleh karena itu, ia wajib menguasai pengetahuan ekonomi dan akuntansi.

Seorang entrepreneur yang sukses biasanya memimpin oleh orang yang cukup banyak. Oleh karena itu, ia wajib memiliki rasa kepemimpinan yang baik dan mampu mengelola sumber daya manusia. Ia juga harus dapat diandalkan dalam menjalankan perusahaan, terutama apabila sedang menghadapi beberapa masalah. Untuk itu ia perlu memiliki pola pikir kritis dan sensitivitas terhadap masalah serta harus mampu menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks secara cepat.

Profesi ini juga dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik karena ia akan berhubungan dengan banyak pihak. Misalnya, memberikan arahan pada anak buah, melayani konsumen, dan bernegosiasi dengan rekan bisnis. Untuk itu, penguasaan Bahasa Inggris menjadi nilai tambah bagi seorang entrepreneur. Di luar itu, entrepreneur harus tahu strategi terbaik dalam menjual dan memasarkan produk barang/jasa yang ia jual. Oleh karena itu, kreativitas ia perlukan agar dapat mengetahui strategi yang paling tepat, efektif, dan efisien.