span 1 span 2 span 2

Politik

Anggota Komisi Pemilihan Umum

Deskripsi

Seorang anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja untuk merencanakan dan mempersiapkan pelaksanaan pemilu, menetapkan partai politik yang berhak sebagai peserta pemilu, sampai menetapkan keseluruhan hasil pemilu. Oleh sebab itu, seorang anggota KPU harus memiliki integritas moral untuk membuat KPU lebih kredibel dimata masyarakat.

Berbagai profesi terkait

  • Anggota KPU Kabupaten/Kota
  • Ketua KPU Kabupaten/Kota
  • Anggota KPU Provinsi
  • Ketua KPU Provinsi

Kisaran Pendapatan

Gaji anggota KPU untuk wilayah Provinsi berkisar Rp18.000.000 dan untuk jabatan Ketua KPU Provinsi ialah Rp20.00.000. Sedangkan untuk anggota KPU untuk wilayah Kabupaten/Kota gajinya berkisar Rp11.500.000 dan untuk jabatan Ketua KPU Kabupaten/Kota ialah Rp12.500.000.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Sosial Politik, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Sebagai penyeleggaran pemilihan umum di sebuah wilayah, seorang anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) wajib memiliki keterampilan administrasi dan organisasi yang baik. Sebab, ia bertugas untuk memastikan pelaksanaan Pemilu di sebuah wilayah berjalan dengan lancar. Untuk itu, ia harus mampu merencanakan dan mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan Pemilu agar berjalan dengan baik.

Dalam menyelenggarakan Pemilu, pekerjaan seorang anggota KPU tentu harus berpijak pada aturan hukum yang berlaku. Oleh sebab itu, maka seorang anggota KPU harus memahami hukum yang mengatur Pemilu serta sistem pemerintahan di sebuah wilayah. Ketika bekerja, seorang anggota KPU wajib mengutamakan integritas dan kejujuran serta tidak memihak kepada salah satu peserta Pemilu agar pelaksanaan Pemilu sesuai dengan nilai jujur dan adil. Ia juga harus memiliki sensitivitas terkait masalah-masalah yang ada dan mampu mengambil keputusan cepat dan tepat untuk menyelesaikannya.

Kemampuan komunikasi dan koordinasi juga diperlukan oleh seorang anggota KPU. Sebab, profesi ini akan sering berinteraksi dengan berbagai pihak, seperti peserta pemilu, aparat hukum, aparat keamanan, dan media massa. Kemampuan berkomunikasi ini sebaiknya tidak hanya dalam bentuk lisan tapi juga tulisan karena akan bermanfaat ketika ia membuat aturan pelaksanaan Pemilu atau pun press release. Kemampuan Bahasa Inggris pun menjadi nilai tambah bagi seorang anggota KPU.



Instansi pekerjaan

  • Pemerintahan