span 1 span 2 span 2

Pendidikan

Guru

Deskripsi

Pekerjaan sebagai guru memiliki tanggung jawab untuk mendidik siswa, manajemen siswa, dan mengawasi kegiatan siswa selama berada di sekolah. Kegiatan seorang guru berupa merencanakan, mengatur, dan melaksanakan program pembelajaran yang tepat dalam sebuah lingkungan belajar. Lingkungan belajar yang dibuat oleh seorang guru harus bisa memandu dan mendorong siswa untuk mengembangkan dan mencapai potensi akademik mereka.

Berbagai profesi terkait

  • Guru TK
  • Guru SD
  • Guru SMP
  • Guru SMA
  • Kepala Sekolah

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang guru biasanya bervariasi, mulai dari guru TK hingga guru SMA berbeda-beda pendapatannya. Faktor lain yang juga membedakan pendapatan seorang guru ialah lembaga tempat ia mengajar, apakah sekolah swasta atau sekolah negeri. Wilayah tempat mengajar juga menjadi faktor berikutnya. Namun secara general, berikut gaji guru PNS bergelar S1 di Indonesia:

Gaji guru S1 rata-rata Rp2.457.000 hingga Rp3.000.000,- per bulan (belum termasuk tunjangan)
Gaji guru (bersertifikasi) Rp5.000.000 hingga Rp5.363.000,- per bulan.


Kualifikasi

Sarjana Pendidikan; Sertifikasi Guru.



Keahlian dibutuhkan

Guru merupakan profesi yang tidak sederhana. Ada banyak kemampuan yang harus dikuasai untuk menjadi seorang guru yang baik. Pengetahuan yang paling penting dimiliki seorang guru tentu saja pengetahuan di bidang studi yang ia ajarkan. Seorang guru sejarah tentu harus paham akan sejarah dan guru matematika tentu harus pandai berhitung. Namun, masih ada banyak kemampuan lain yang perlu dimiliki seorang guru.

Seorang guru yang baik tentu harus mengetahui strategi pembelajaran yang tepat agar murid-muridnya dapat mengerti materi pelajaran dengan mudah serta tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar. Untuk itu, seorang guru juga dituntut memiliki kreativitas dalam menentukan strategi pembelajaran. Dalam mengajar, seorang guru pun dituntut untuk memiliki kemampuan penyusunan informasi serta komunikasi dalam bentuk lisan dan tulis dengan baik agar materi pelajaran yang disampaikan dapat mudah dimengerti oleh murid-muridnya.

Dalam mengelola kelas, seorang guru juga perlu menguasai manajemen kelas supaya kegiatan belajar di dalam kelas dapat berjalan kondusif. Selain itu, ia juga membutuhkan kemampuan monitoring serta sensitivitas masalah agar dapat mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi. Kedua kemampuan tadi juga diperlukan seorang guru untuk mengetahui kondisi murid-muridnya, baik dari segi prestasi belajar maupun psikoligisnya. Dengan kemampuan itu, ia mampu menemukan solusi atas hambatan yang dialami oleh murid-muridnya. Kemampuan lain yang perlu dimiliki profesi ini adalah psikologi anak, kritis, dan instruksi.



Instansi pekerjaan

  • Sekolah