span 1 span 2 span 2

Pendidikan

Pre-school Teacher

Deskripsi

Guru Prasekolah memiliki tugas untuk mendidik dan merawat anak-anak usia tiga sampai lima tahun. Mereka mengajarkan membaca, menulis, keterampilan sosial, dan ilmu pengetahuan dasar dengan cara yang anak-anak dapat memahami. Misalnya, mereka menggunakan cerita untuk mengajar bahasa dan kosa kata. Mereka juga dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial anak-anak dengan meminta mereka bekerja sama dalam sebuah permainan.

Berbagai profesi terkait

  • Guru TK
  • Guru Play Group
  • Guru PAUD

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang guru TK berkisar mulai dari Rp500.000 hingga lebih dari Rp2.500.000 tergantung pengalaman serta sekolah tempat mengajar.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan TK, Psikologi, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Sebagai profesi yang bergerak di bidang pendidikan, seorang guru prasekolah tentu wajib memiliki latar belakang pengetahuan di bidang pendidikan. Selain itu, seorang guru prasekolah juga wajib menguasai ilmu psikologi anak agar ia dapat mengetahui karakter dan perilaku anak. Kepekaan sosial dan sensitivitas juga perlu dimiliki agar ia dapat mengantisipasi konflik atau masalah yang dapat timbul di antara anak didiknya.

Selayaknya seorang guru, profesi ini juga dituntut untuk memiliki strategi belajar yang tepat bagi anak didiknya. Strategi ini penting dimiliki karena murid kelompok bermain atau taman kanak-kanak lebih suka bermain dibanding belajar sehingga seorang guru prasekolah harus memiliki pendekatan tersendiri untuk membuat mereka tertarik mengikuti pelajaran. Untuk itu, seorang guru prasekolah pun wajib memiliki kreativitas tinggi agar menemukan cara belajar yang unik dan tidak membosankan bagi anak didiknya.

Selain itu, seorang guru prasekolah harus memiliki orientasi melayani anak didik dalam mengajar. Oleh karena itu, ia juga harus memiliki kesabaran di atas rata-rata karena anak-anak di usia tiga sampai lima tahun biasanya masih sulit diatur. Tak hanya itu, ia pun wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar instruksi yang disampaikan dapat dituruti oleh anak didiknya. Kemampuan berkomunikasi juga diperlukan untuk melaporkan perkembangan anak didik kepada orangtuanya.  Kemampuan lain yang perlu dimiliki seorang guru prasekolah adalah koordinasi, monitoring, serta administrasi dan manajemen.



Instansi pekerjaan

  • Taman kanak-kanak