span 1 span 2 span 2

Pendidikan

Bimbingan Konseling (BK)

Deskripsi

Guru Bimbingan Konseling (BK) memiliki tanggung jawab untuk membantu siswa secara psikologis. Mereka bertindak untuk mengadvokasi siswa yang mengalami permasalahan dan berakibat kepada kemajuan pendidikannya. Mereka biasanya mengadvokasi permasalahan siswa yang mencakup isu-isu seperti bullying, kurang percaya diri, prestasi akademik yang buruk, atau bahkan masalah keluarga. Biasanya seorang guru BK memberikan masukan secara psikologis dan mental yang dapat membuat kondisi siswa tersebut tenang dan fokus untuk belajar. Selain itu, guru BK juga memiliki tugas untuk memahami kemampuan, minat, dan kepribadian siswa. Hal tersebut diperlukan guru BK untuk dapat mengarahkan siswa kepada cita-cita mereka.

Berbagai profesi terkait

  • Guru Bimbingan Konseling
  • Konselor Akademik
  • Penasihat Akademik
  • Guru Konseling

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang guru Bimbingan Konseling berkisar antara Rp2.200.000 hingga Rp6.000.000 tergantung pengalaman dan institusi tempat bekerja.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Pendidikan Bimbingan Konseling, Psikologi, dan Jurusan Lain yang Relevan; Sertifikasi Guru BK.



Keahlian dibutuhkan

Pengetahuan utama yang wajib dimiliki seorang guru bimbingan konseling (BK)adalah psikologi anak serta terapi dan konseling. Pengetahuan di bidang psikologi anak amat ia perlukan supaya ia tahu karakteristik dan perilaku murid yang ia tangani. Tak hanya itu, pengetahuan psikologi juga bisa membantunya dalam mengetahui minat dan bakat murid-muridnya. Potensi gangguan perilaku seorang anak juga bisa diketahui apabila seorang guru BK menguasai psikolog.

Sementara, pengetahuan di dalam terapi dan konseling ia butuhkan agar ia dapat memberi solusi yang tepat bagi murid yang mengalami hambatan atau masalah psikologis dan mental. Selain itu, kemampuan ini juga berguna dalam memberi rekomendasi terkait masa depan pendidikan dan karir murid-muridnya. Seorang guru BK juga wajib memiliki kemampuan analisis yang baik agar mampu memahami masalah yang dialami oleh murid-muridnya.

Untuk mendalami masalah tersebut, seorang guru BK harus menjadi sosok pendengar yang baik serta dapat berbicara secara efektif. Hal ini diperlukan agar seorang murid dapat terbuka bercerita mengenai masalah yang dialaminya. Untuk itu, ia pun dituntut untuk memiliki kepekaan sosial yang tinggi supaya dapat mengantisipasi masalah-masalah yang dapat muncul. Kemampuan lain yang perlu dimiliki seorang guru BK adalah layanan pelanggan dan personal, kritis, penyusunan informasi, serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Perguruan tinggi
  • Sekolah