span 1 span 2 span 2

Olahraga

Observer (Pengamat Olahraga)

Deskripsi

Pengamat olahraga memiliki tugas untuk mengamati dan menganalisis masalah dan perkembangan seputar olahraga. Mereka biasanya menjadi komentator dari sebuah pertandingan olahraga di layar televisi. Selain itu, biasanya mereka mengisi acara-acara talkshow olahraga di layar televisi. Oleh karena itu, menjadi seorang pengamat olahraga harus mengikuti segala perkembangan olahraga yang terjadi di dunia.

Berbagai profesi terkait

  • Pakar Olahraga
  • Pengamat Olahraga

Kisaran Pendapatan

Untuk profesi ini gaji tidak dapat dipastikan.


Kualifikasi

Memiliki Reputasi sebagai Pakar Olahraga Selama Bertahun-tahun.



Keahlian dibutuhkan

Untuk menekuni profesi pengamat olahraga, seseorang sebenarnya tidak diharuskan untuk menguasai olahraga tersebut. Setidaknya, ia mesti mengetahui skill dasar olahraga yang ia amati. Sebagai seorang pengamat, kemampuan yang paling penting untuk dimiliki profesi ini adalah kemampuan analisis. Sebab, seorang pengamat olahraga bertugas untuk mengamati dan menganalisis masalah seputar olahraga. Misalnya, ia kerap menjadi komentator dari sebuah pertandingan olahraga di layar televisi.

Selain itu, seorang pengamat olahraga juga sering diminta untuk mengisi acara olahraga televisi atau menulis kolom olahraga di media cetak. Oleh sebab itu, profesi ini dituntut pula untuk memiliki kemampuan menulis dan berbicara yang sama baiknya. Dalam menganalisis, seorang pengamat olahraga wajib kritis serta memiliki sensitivitas dan kepekaan sosial yang tinggi.

Selain itu, wawasan yang luas dalam dunia olahraga juga diperlukan oleh seorang pengamat olahraga. Oleh sebab itu, ia wajib mengikuti segala perkembangan olahraga di seluruh dunia. Seorang pengamat olahraga tidak hanya wajib menguasai aspek-aspek teknis dalam olahraga. Ia sebaiknya juga memahami psikologi atlet. Selain itu, kemampuan lain yang perlu dimiliki profesi ini adalah penyusunan informasi, monitoring, serta penalaran deduktif dan induktif.



Instansi pekerjaan

  • Media massa
  • Klub olahraga