span 1 span 2 span 2

Olahraga

Atlet

Deskripsi

Atlet merupakan seseorang yang memiliki kemahiran dalam berolahraga. Seorang atlet biasanya ditujukan untuk mengikuti perlombaan atau pertandingan suatu cabang olahraga.

Berbagai profesi terkait

  • Atlet
  • Olahragawan
  • Atlet Profesional

Kisaran Pendapatan

Untuk profesi atlet, gaji tidak dapat dipastikan karena gaji atlet tergantung pada cabang olahraga dan prestasi dari atlet tersebut.


Kualifikasi

Pernah menjadi olahragawan amatir yang mengikuti kompetisi secara periodik; Memenuhi ketentuan ketenagakerjaan yang dipersyaratkan; Memenuhi ketentuan medis yang dipersyaratkan; Memperoleh pernyataan tertulis tentang pelepasan status dari olahragawan amatir; Menjadi olahragawan profesional yang diketahui oleh induk organisasi cabang olahraga yang bersangkutan.



Keahlian dibutuhkan

Keahlian dasar pada olahraga yang digeluti tentu saja merupakan modal wajib bagi seseorang yang ingin menjadi atlet. Namun, untuk menjadi atlet yang sukses, tentu saja ia harus meningkatkan kemampuan tersebut supaya mampu menjadi atlet terbaik dalam olahraga tersebut. Oleh sebab itu, latihan dan kerja keras merupakan kunci bagi seorang atlet untuk menguasai sebuah cabang olahraga.

Seorang atlet juga dituntut untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Sebab, jadwal seorang atlet akan dipenuhi dengan berbagai latihan serta pertandingan atau turnamen. Untuk itu, ia juga wajib rajin mengonsumsi makan-makanan yang kaya gizi. Tak hanya kuat secara fisik, seorang atlet juga harus memiliki mental yang sangat kuat karena ia akan mengalami berbagai kegagalan. Dengan mental yang kuat, ia akan mudah bangkit dari kegagalan dan bekerja keras untuk meraih kemenangan.

Ketika seorang atlet telah sukses, biasanya ia memiliki kegiatan di luar pertandingan atau latihan. Misalnya bermain iklan atau diwawancarai media massa. Oleh sebab itu, ia harus memiliki manajemen waktu yang baik agar dapat menjaga prestasinya meski disibukkan oleh kegiatan-kegiatan tersebut. Kemampuan berkomunikasi juga diperlukan karena ia sering berinteraksi dengan banyak orang seperti pelatih, atlet dari klub atau negara lain, media massa, serta para pendukung.



Instansi pekerjaan

  • Klub olahraga