span 1 span 2 span 2

Komunikasi

Web Developer

Deskripsi

Web developer memiliki pekerjaan untuk menciptakan aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemograman seperti Java, PHP, atau Python. Peran seorang web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang nantinya digunakan pada sebuah website, yang meliputi penggunaan database, membuat halaman yang bisa dinamis, sampai mengatur cara pengunjung berinteraksi dengan elemen yang ada di website yang dibuatnya. Apabila ingin menjadi web developer yang handal biasanya akan terbiasa dengan bahasa pemograman web, baik itu yang ada di baian server maupun dari sisi klien.

Berbagai profesi terkait

  • Pembuat Website
  • Webmaster
  • Pengembang Web

Kisaran Pendapatan

Gaji Web Developer berkisar Rp 950.000 hingga Rp 10.500.000, namun gaji rata - rata Web Developer adalah Rp 4.400.000 tergantung pada UMK / UMP di masing – masing daerah.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Komputer, Teknik Informatika, dan Jurusan Lain yang Relevan; Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika.



Keahlian dibutuhkan

Sebagai sosok yang bertugas menciptakan aplikasi berbasis website, seorang web developer tentu mesti memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang komputer dan pemrograman. Seorang web developer harus mampu melakukan coding serta menguasai bahasa HTML. Selain itu, profesi ini juga dituntut untuk mampu membuat desain dan memiliki selara desain yang cukup baik. Sebab, ia harus memastikan tampilan website yang dibuat dapat menarik perhatian pengguna internet.

Selayaknya profesi lain yang bergerak di bidang teknologi informatika, seorang web developer juga mesti memiliki kemampuan matematika yang baik. Sebab, pembuatan sebuah website banyak berkaitan dengan angka-angka. Profesi ini juga dituntut untuk kritis dan memiliki kemampuan analisis operasi agar ia dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari setiap rancangan yang ia buat. Selain itu, ia pun harus memiliki sensitivitas masalah agar dapat mencegah dan mengantisipasi masalah yang akan timbul.

Kemampuan penyusunan informasi juga diperlukan seorang web developer karena website yang ia buat pun biasanya merupakan alat penyampaian informasi sebuah perusahaan. Selain itu, profesi ini juga harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik untuk berkoordinasi dengan klien dan anak buahnya. Kemampuan lain yang perlu ia miliki adalah Bahasa Inggris, penalaran deduktif dan induktif, serta penyelesaian masalah kompleks.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • E-commerce
  • Startup