span 1 span 2 span 2

Komunikasi

Pemahat

Deskripsi

Seorang pemahat, adalah seniman yang bekerja membuat seni rupa berupa pahatan. Banyak bahan yang bisa digunakan untuk dipahat menjadi kerajinan seni, yang biasanya padat dan keras. Diantaranya mulai dari tanah liat, batu, plastik marmer, keramik, besi, kayu, hingga es. Bahan-bahan tersebut dipahat sedemikian rupa menjadi bentuk-bentuk yang amat variatif. Sudah populer sejak zaman dahulu, banyak sekali teknik yang kini dapat digunakan digunakan dalam memahat mulai dari yang paling tradisional hingga modern. Merupakan seni, yang menjadi penentu kesuksesan profesi ini adalah imajinasi yang luas dan kreativitas yang tinggi.

Berbagai profesi terkait

  • Pemahat
  • Ahli Pahat
  • Ahli Ukir
  • Seniman Ukir

Kisaran Pendapatan

Pendapatan Pemahat berkisar mulai dari Rp3.500.000 hingga Rp7.700.000 per bulan atau lebih sesuai dengan dimana tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Menguasai Bidang Seni Pahat.



Keahlian dibutuhkan

Selayaknya profesi lain yang bergerak di bidang seni, seorang pelukis tentu harus memiliki jiwa kreativitas yang tinggi. Sebab, kreativitas ini diperlukan agar karya pahatan yang ia buat dapat memiliki keunikan dan menarik perhatian masyarakat. Tak cuma kreatif, seorang pemahat juga dituntut untuk memahami seni murni agar karyanya dapat mengandung nilai-nilai yang ingin ia sampaikan kepada masyarakat.

Sebelum mulai memahat, kemampuan desain amat diperlukan oleh seorang pemahat. Hal ini diperlukan agar ia dapat merancang bentuk pahatan yang ia inginkan. Selanjutnya, ketika ia mulai memahat, ia mesti memiliki lengan dan tangan yang stabil serta jari yang tangkas agar ia dapat memahat sesuai rancangan yang telah ia buat. Apabila ia tidak memiliki kemampuan itu, maka pahatannya dapat berbentuk acak-acakan.

Tak ketinggalan, ketelitian dan perhatian pada hal detail juga ia perlukan supaya ia pahatan yang dibuat dapat lepas dari kesalahan sekecil apa pun. Selain itu, karya pahatan yang memiliki detail-detail kecil biasanya memiliki nilai yang lebih tinggi. Di luar hal-hal teknis tadi, seorang pemahat juga perlu menguasai strategi penjualan dan pemasaran agar karyanya dapat laku di pasaran. Profesi ini pun mesti memerhatikan orisinalitas supaya ia tidak dituduh meniru karya orang lain.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan Furniture