span 1 span 2 span 2

Komunikasi

Media Analyst

Deskripsi

Analis media bertanggung jawab untuk melakukan penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk menghasilkan laporan evaluasi bagi media yang menjadi kliennya. Hasil evaluasi tersebut kemudian digunakan untuk meningkatkan efektivitas dari kampanye iklan media tersebut. Seorang analisis media harus memiliki kemampuan analitis yang tinggi serta dapat menyaring dan mengkategorisasi informasi yang paling penting untuk keberhasilan kampanye iklan media yang menjadi kliennya.

Berbagai profesi terkait

  • Analis Media
  • Media Analyst Supervisor
  • Analis Berita
  • News Manager
  • Media Monitoring Staff

Kisaran Pendapatan

Gaji Media Analyst berkisar mulai dari Rp4.300.000 hingga Rp6.700.000 per bulan atau bisa lebih dari itu sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki. 


Kualifikasi

Gelar Sarjana Komunikasi, Public Relations, Marketing, Advertising, Kajian Media, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Sesuai dengan namanya, seorang analis media tentu harus memiliki kemampuan analisis yang amat baik. Untuk itu, ia wajib kritis serta memiliki kepekaan sosial dan sensitivitas masalah yang tinggi. Hal ini diperlukan karena berita atau infromasi sekecil apapun yang muncul di media massa akan berpengaruh pada pandangan masyarakat terhadap sebuah merk atau perusahaan. Selain itu, efektivitas kampanye iklan sebuah perusahaan juga dapat diketahui dari kemunculannya di media massa.

Seorang analis media juga dituntut untuk memiliki kemampuan monitoring yang baik. Sebab, setiap harinya ia harus mencermati dan mengamati setiap media massa untuk dianalisisnya. Oleh sebab itu, seorang analis media harus familiar dan mengetahi media massa yang ada, baik media cetak, elektronik, maupun online. Selain itu, seorang analis media juga harus menguasai administrasi dan manejemen supaya ia mampu mengelola dan mengorganisir pekerjaannya dengan baik.

Tak hanya itu, profesi ini sebaiknya juga ahli dalam mengoperasikan komputer. Sebab, beberapa aplikasi komputer akan memudahkannya dalam mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data. Seorang analis media pun wajib menguasai kemampuan menulis dan berbicara dengan baik. Kemampuan ini akan memudahkannya dalam menyampaikan hasil analisisnya kepada klien dengan mudah dimengerti. Untuk itu, kemampuan Bahasa Inggris juga diperlukan dalam mempresentasikan hasil analisisnya.



Instansi pekerjaan

  • Media Massa
  • Pemerintahan