span 1 span 2 span 2

Komunikasi

Legal Consultant

Deskripsi

Seorang konsultan hukum biasanya memiliki tiga fungsi, yaitu sebagai legal adviser, legal attorney, dan legal auditor. Sebagai legal adviser, konsultan hukum memiliki kewajiban untuk memberikan pendapat dan pertimbangan hukum yang tepat berikut solusi yang diperlukan dalam pemecahan suatu permasalahan hukum yang dihadapi kliennya. Sebagai legal attorney, konsultan hukum memiliki tugas untuk mampu mewakili klien seperti menerima kuasa dalam menyelesaikan persoalan hukum khususnya menyangkut permasalahan sengketa. Sebagai legal auditor, konsultan hukum melakukan pengawasan dan pemeriksaan atas pelaksanaan ketentuan hukum yang berlaku di setiap kliennya.

Berbagai profesi terkait

  • Konsultan Hukum
  • Penasihat Hukum

Kisaran Pendapatan

Konsultan hukum mendapatkan gaji sesuai dengan pengalaman yaitu:

  • Tidak ada pengalaman                      = Rp 4.552.404
  • Pengalaman kurang dari 5 tahun      = Rp 5.413.719 sampai dengan Rp  6.227.260
  • Pengalaman 5 - 10 tahun                  = Rp 6.227.260 sampai dengan Rp 11.012.642
  • Pengalaman lebih dari 10 tahun        = > Rp 13.183.109

Kualifikasi

Gelar Sarjana Hukum; Sertifikat Organisasi Advokat.



Keahlian dibutuhkan

Penguasaan ilmu hukum tentu menjadi modal wajib bagi seorang konsultan hukum. Namun, penguasaan ilmu hukum bukan satu-satunya kemampuan yang wajib ia miliki. Sebagai sosok yang bekerja untuk kegiatan hukum klien, maka seorang konsultan hukum harus mampu menjaga hubungan baik dengan klien. Untuk itu, ia harus menguasai teknik persuasi serta berorientasi pada pelayanan terhadap klien. Hubungan baik dengan klien ini dapat meningkatkan kepercayaan klien untuk menyerahkan masalah hukum kepada seorang konsultan hukum.

Agar kinerja seorang konsultan hukum dapat memuaskan klien, ia harus mampu menyelesaikan masalah yang dimiliki oleh kliennya. Untuk itu, kemampuan analisis yang baik dibutuhkan supaya ia dapat memahami masalah dan memberikan solusi terbaik atas masalah tersebut. Selain itu, ia juga harus kritis dalam melakukan pekerjaannya. Terutama ketika ia mewakili klien dalam menyelesaikan persoalan hukumnya.

Di luat itu, seorang konsultan hukum juga harus memiliki kemampuan tulis dan lisan yang baik. Hal ini diperlukan agar ia dapat mengemas pesan dan rekomendasi hukum secara sederhana dan dapat dimengerti oleh berbagai pihak, khususnya klien. Kemampuan administrasi dan manajemen juga dibutuhkan untuk mengelola pekerjaan seorang konsultan hukum. Selain itu, fasih dalam berbahasa Inggris dapat menjadi nilai tambah bagi profesi ini. Sebab, persoalan hukum yang ia tangani dapat berkaitan dengan orang atau institusi luar negeri.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan