span 1 span 2 span 2

Komunikasi

Geochemist

Deskripsi

Seorang geochemist menggunakan ilmu fisika dan kimia anorganik untuk menyelidiki jumlah dan distribusi unsur kimia dalam batuan dan mineral. Mereka juga menyelidiki gerakan elemen-elemen dalam sistem tanah dan air. Mereka juga menggunakan ilmu kimia organic untuk mempelajari komposisi bahan bakar fosil. Hasil penelitian mereka biasanya digunakan untuk landasan dalam eksplorasi minyak serta pembersihan situs limbah beracun. Oleh karena itu, banyak perusahaan tambang yang akan mencari seorang geokimia.

Berbagai profesi terkait

  • Ahli Geokimia
  • Analis Geokimia

Kisaran Pendapatan

Pendapatan seorang geochemist berkisar mulai dari Rp15.000.000 hingga lebih dari Rp25.000.000 sesuai lokasi tempat bekerja, posisi, serta pengalaman kerja yang dimiliki.


Kualifikasi

Sarjana Teknik Kimia, Teknik Geologi, Teknik Kimia, Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan, Sains Kimia, Fisika, Geologi, dan Jurusan Lain yang Sesuai.



Keahlian dibutuhkan

Pengetahuan dan keahlian di bidang ilmu kimia merupakan modal utama yang wajib dimiliki seorang geochemist. Sebab, profesi ini mesti meneliti jumlah dan distribusi unsur kimia yang ada dalam batuan dan mineral. Selain itu, mereka juga meneliti elemen-elemen yang ada dalam sistem tanah dan air. Untuk itu, seorang geochemist wajib mempunyai pengetahuan yang baik dalam bidang ilmu fisika. Selain kedua ilmu tersebut, pengetahuan di bidang geografi dan matematika juga menjadi hal yang sebaiknya dimengerti oleh geochemist.

Selain itu, seorang geochemist juga dituntut untuk memahami dunia sains karena ia mesti menguasai metode sains dalam memecahkan masalah yang ada. Ia pun harus kritis dan mempunyai kemampuan analisis yang baik agar mampu menggunakan logika dalam menganalisis serta mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masalah atau solusi atas masalah yang ada. Sensitivitas masalah juga harus dimiliki oleh profesi ini karena ia bertanggung jawab dalam pembersihan situs limbah beracun.

Seorang geochemist juga harus menguasai penggunaan teknologi karena ia pun mesti memanfaatkan teknologi yang ada dalam membantu pekerjaannya. Selain itu, ia sebaiknya juga memahami sistem produksi dan pengolahan agar mengetahui bagaimana sebuah batuan atau mineral dapat diolah. Kemampuan lain yang mesti dikuasai seorang geochemist antara lain desain, Bahasa Inggris, penyelesaian masalah kompleks, serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Industry
  • Pemerintahan
  • Pertambangan