span 1 span 2 span 2

Komunikasi

Fashion Stylist

Deskripsi

Fashion stylist biasanya bertugas memilih pakaian dan aksesoris untuk iklan, konser, video musik, film, dan acara TV. Mereka biasanya bekerja dengan desainer ataupun ahli public realtions. Seorang fashion stylist yang bagus harus tahu bagaimana untuk menonjolkan citra positif dari cara berpakaian orang-orang. Memilih pakaian untuk menonjolkan seseorang adalah salah satu seni yang lumayan rumit. Mereka harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai industri fashion dan bakat untuk memadu-padankan kliennya dengan pakaian yang akan cocok dengannya sekaligus melekatkan citra positif.

Berbagai profesi terkait

  • Penata Busana
  • Pengarah Gaya Busana
  • Wardrobe Stylist

Aktifitas

Gaji Fashion Stylist berkisar mulai dari Rp3.900.000 hingga Rp6.100.000 per bulan atau lebih sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kapabilitas, dan pengalaman yang dimiliki.



Kualifikasi

Menguasai Bidang Fashion.



Keahlian dibutuhkan

Sebagai sosok yang bertanggung jawab dalam memilih pakaian dan aksesoris bagi model, penyanyi, serta aktris dan aktor, seorang fashion stylist tentu harus memiliki selera seni dan selera berpakaian yang cukup tinggi. Namun, hal itu tidak cukup bagi seorang fashion stylist. Selain itu, ia juga harus memastikan bahwa pakaian yang dipilih dapat menunjukkan citra positif dari cara berpakaian orang-orang itu. Oleh sebab itu, profesi ini dituntut untu memiliki pengetahuan yang luas mengenai industri fashion.

Seorang fashion stylist pun wajib memiliki kreativitas di atas rata-rata. Hal ini ia perlukan supaya pakaian yang dipilih terlihat unik dan menarik perhatian masyarakat. Dalam menentukan pakaian yang unik dan menarik, seorang fashion stylist harus dapat memadukan pakaian-pakaian dari berbagai jenis dan warna supaya dapat terlihat estetik. Untuk itu, kemampuan gradasi warna perlu dimiliki oleh profesi ini. Selain itu, ia juga sebaiknya memiliki kemampuan desain agar ia dapat merancang pakaian seperti apa yang cocok untuk dipilih.

Selain estetika pakaian, seorang fashion stylist juga harus memperhatikan fungsi dan tujuan dari pemilihan pakaian. Tak ketinggalan, ia juga memastikan agar pakaian yang dipilih sesuai dengan kebudayaan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, ia mesti memiliki kemampuan penentuan dan sesnitivitas masalah. Kemampuan lain yang perlu dimiliki profesi ini adalah koordinasi dan orientasi melayani.



Instansi pekerjaan

  • Media massa