span 1 span 2 span 2

Komunikasi

Event Organizer

Deskripsi

Sebagai seorang event organizer (EO), mereka akan memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan menjalankan sebuah acara dari kliennya. Mereka akan mengelola seluruh proses dari tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasi setelah acara selesai. Bisanya seorang EO mengerjakan acara-acara yang bertemakan budaya, pameran, musik, pernikahan, ataupun promosi suatu produk dari perusahaan.

Berbagai profesi terkait

  • Project Manager Event
  • Project Manager
  • Event Manager

Kisaran Pendapatan

Gaji Event Organizer tergantung pada kesuksesan suatu event yang diselenggarakan tergantung dari berapa sering event tersebut diadakan. Namun untuk staff Event Organizer berkisar Rp1.800.000 hingga Rp5.800.000 dan rata rata gaji adalah Rp 3.400.000 tergantung pada UMK / UMP di masing-masing daerah.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Semua Jurusan.



Keahlian dibutuhkan

Seorang event organizer (EO) tentu harus memiliki kemampuan administrasi dan manajemen yang amat baik. Sebab ia bertanggung jawab untuk mengelola dan menjalankan sebuah acara milik klien. Mulai dari tahap perencanaa, pelaksanaan, hingga evaluasi pascaacara. Oleh karena itu, kedua keahlian di atas amat penting dimiliki agar seorang EO dapat mengelola dan menjalankan acara dengan baik serta sesuai dengan ekspektasi klien.

Dalam menyelenggarakan sebuah acara, seorang EO dituntut untuk memiliki berbagai kemampuan. Misalnya, keahlian pemasaran dibutuhkan untuk meningkatkan publikasi acara dan menarik orang-orang untuk datang. Kreativitas juga diperlukan agar acara dapat dibuat secara menarik dan unik sehingga membuat orang-orang ingin menghadiri acara tersebut. Tak ketinggalan, manajemen waktu yang baik amat diperlukan seorang EO agar acara yang ia buat dapat terselenggara tepat waktu.

Kerja sama dan koordinasi yang amat baik merupakan modal penting yang harus dimiliki seorang EO agar acaranya berjalan dengan baik. Sebab, penyelenggaraan acara banyak melibatkan berbagai pihak. Mulai dari klien, pengisi acara, vendor, dan tim EO itu sendiri. Oleh karena itu, ia juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berkoordinasi dan memberikan instruksi kepada rekan kerjanya. Seorang EO juga dituntut untuk memiliki sensitivitas masalah dan kemampuan mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Kedua hal ini akan sangat berguna ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan dalam penyelenggaraan acara.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan