span 1 span 2 span 2

Komunikasi

Copywriter

Deskripsi

Copywriter bertanggung jawab dalam membuat konten tertulis untuk periklanan, pemasaran, dan teks deskriptif. Seorang copywriter harus dapat menulis teks lebih kreatif dan mengetahui pengetahuan menulis untuk berbagai media. Copywriter biasanya bekerja dengan editor untuk menentukan intonasi kata dan betukar pikiran mengenai ide-ide yang akan dituangkan dalam tulisannya.

Berbagai profesi terkait

  • Copywriter
  • Penulis Kreatif
  • Creative Thinker
  • Editor Planner

Kisaran Pendapatan

Gaji Copywriter berkisar Rp750.000 hingga Rp12.500.000, namun gaji rata rata Copywriter adalah Rp4.700.000 Gaji Copywriter berkisar Rp750.000 hingga Rp12.500.000, namun gaji rata rata Copywriter adalah Rp4.700.000 tergantung pada UMK / UMP di masing masing daerah.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Semua Jurusan.



Keahlian dibutuhkan

Modal terpenting yang wajib dikuasai seorang copywriter adalah kreativitas. Kreativitas yang tinggi wajib dimiliki profesi ini agar ia mampu menciptakan konten-konten unik bagi kebutuhan klien yang dapat menarik perhatian masyarakat serta menguntukan klien dari segi periklanan dan pemasaran. Selain kreatif, seorang copywriter pun dituntut untuk memilki orisinalitas yang tinggi supaya teks yang ia buat tidak tersandung masalah plagiarisme.

Untuk memperoleh ide yang kreatif dan orisinal, seorang copywriter perlu memiliki kepekaan sosial yang tinggi supaya ia dapat mengetahui tren-tren yang sedang berkembang di masyarakat dan dapat diaplikasikan ke dalam teks iklan. Selain itu, seorang copywriter pun sebaiknya membiasakan diri untuk menulis. Dengan rajin menulis, seorang copywriter dapat terbiasa menyusun informasi ke dalam teks secara ringkas agar mudah dipahami dan menarik perhatian pembaca.

Kemampuan berbahasa Inggris juga perlu dimiliki oleh profesi ini, terutama dari segi penguasaan kosakata dan struktur kalimat (grammar). Sebab, teks iklan biasanya tak hanya menggunakan bahasa lokal melainkan juga Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Seorang copywriter sebaiknya juga memiliki manajemen waktu yang baik karena profesi ini seringkali dikejar oleh tenggat waktu. Kemampuan lain yang perlu dimiliki seorang copywriter adalah manajemen waktu, sensitivitas masalah, kritis, dan persuasi.



Instansi pekerjaan

  • Advertising agency
  • Media massa