span 1 span 2 span 2

Komunikasi

Advertising Manager

Deskripsi

Manajer periklanan bertanggung jawab untuk mengawasi aktivitas periklanan dari suatu bisnis. Kegiatan yang biasa dilkukan oleh manajer periklanan adalah membentuk dan mengarahkan strategi iklan, melaksanakan kampanye iklan, serta mengawasi departemen yang terkait dengan periklanan. Oleh karena itu, seorang manajer periklanan juga harus memperkirakan anggaran kampanye, menyetujui materi iklan, serta mengevaluasi kinerja keseluruhan kampanye selama dan setelah menjalankan kegiatannya.

Berbagai profesi terkait

  • Manajer Periklanan dan Promosi
  • Manajer Penjualan Periklanan Ritel
  • Direktur Promosi
  • Manajer Periklanan
  • Manajer Penjualan Periklanan

Kisaran Pendapatan

Gaji Advertising Manager berkisar Rp 5.800.000 hingga Rp 16.000.000.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Komunikasi, Public Relations, Marketing, Advertising, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Seorang manajer periklanan wajib menguasai pengetahuan di bidang strategi pemasaran. Sebab, ia merupakan sosok yang bertanggung jawab dalam mengawasi aktivitas periklanan dari sebuah perusahaan, mulai dari perencanaan hingga evaluasinya. Oleh karena itu, pengetahuan di bidang strategi pemasaran saja tidak cukup bagi profesi ini. Seorang manajer periklanan juga perlu menguasai ilmu administrasi dan manajemen supaya mampu mengelola aktivitas periklanan di perusahaannya.

Sebagai pengawas aktivitas periklanan, seorang manajer periklanan tentu harus kritis terhadap aktivitas tersebut dan mengevaluasinya supaya dapat berjalan lebih baik lagi. Selain itu, ia juga harus memiliki kepekaan dan sensitivitas masalah agar dapat mengetahui potensi-potensi hambatan dan mampu mengantisipasinya. Seperti profesi lain yang bergerak di bidang periklanan, seorang manajer periklanan tentu harus memiliki kreativitas tinggi. Hal ini diperlukan agar ia dapat memberikan masukan-masukan yang kreatif kepada tim yang ia awasi.

Selain itu, seorang manajer periklanan juga dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Sebab, ia akan banyak berkoordinasi dengan berbagai pihak, terutama departemen yang terkait dengan periklanan. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi ini penting dimiliki supaya ia dapat memberikan arahan secara jelas dan mudah dimengerti. Kemampuan lain yang perlu dimiliki manajer periklanan adalah manajemen waktu, persuasi, negosiasi, serta layanan pelanggan dan personal.



Instansi pekerjaan

  • Advertising agency
  • Perusahaan marketing