span 1 span 2 span 2

Kesehatan

Perawat

Deskripsi

Perawat merupakan profesi di bidang kesehatan yang bertugas memberikan pelayanan keperawatan dan bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan, pencegahan penyakit, dan pelayanan bagi pasien. Tugas seorang perawat disesuaikan perannya sebagai pelaksana keperawatan, pendidik, serta peneliti kesehatan. Sebagai pelaksana keperawatan, seorang perawat bertugas memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks sesuai dengan diagnose masalah yang terjadi. Sebagai pendidik, tugas perawat adalah membantu pasien mempertinggi pengetahuan dalam upaya meningkatkan kesehatan, gejala penyakit sesuai kondisi, dan tindakan spesifik yang dapat dilakukan oleh pasien dalam mengatasi gejala penyakitnya. Sebagai peneliti keseharan, tugas perawat adalah melakukan evaluasi dan menilai sejauh mana efektifitas tindakan yang telah diberikan oleh dokter kepada pasien.

Berbagai profesi terkait

  • Suster
  • Kepala Perawat
  • Direktur Medis
  • Direktur Pelayanan Rawat Inap

Kisaran Pendapatan

Gaji perawat berkisar Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000.


Kualifikasi

Gelar Profesi Perawat; Sertifikasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).



Keahlian dibutuhkan

Ada beberapa pengetahuan dan keahlian yang wajib dimiliki untuk menjadi seorang perawat. Sebagai profesi yang bergerak di bidang kesehatan, seorang perawat tentu harus mempunyai pengetahuan ilmu medis. Sebab, ia bertugas memberikan pelayanan keperawatan dalam meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, dan pelayanan bagi pasien.  Dengan ilmu itu, ia dapat merawat pasien mulai dari hal sederhana sampai yang kompleks sesuai dengan diagnosis penyakit.

Selain pengetahuan dan keahlidan di bidang medis, seorang perawat juga dituntut untuk mempunyai orientasi melayani pasien. Sebagai perawat, ia harus mengutamakan pekerjaannya dalam merawat pasien, termasuk memiliki empati terhadap penyakit pasien, serta membuat pasien nyaman dengan kondisi rumah sakit. Seorang perawat juga wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar dapat menjelaskan kondisi kesehatan pasien dan tindakan yang akan diambil secara sederhana dan mudah dimengerti. Ia juga harus dapat meningkatkan pengetahuan pasien akan kesehatannya.

Kemampuan komunikasi ini juga dibutuhkan seorang perawat untuk berkoordinasi dengan perawat lainnya dan dokter dalam mengontrol dan mengawasi kesehatan pasien. Selain itu, ia juga dituntut untuk kritis dan memiliki kemampuan analisis yang baik supaya dapat mengambil keputusan yang tepat terkait kesehatan pasien. Pengetahuan dan keahlian lain yang wajib dimiliki seorang perawat adalah biologi, Bahasa Inggris, kepekaan sosial, penalaran deduktif dan induktif, serta penyelesaian masalah kompleks.



Instansi pekerjaan

  • Rumah sakit
  • Klinik
  • Puskesmas