span 1 span 2 span 2

Informatika

Teknisi Komputer (Instalasi dan Perbaikan)

Deskripsi

Seorang teknisi komputer bertanggung jawab atas perbaikan serta pemeliharaan instalasi, dan peralatan komputer dari kliennya. Berdasarkan tugas yang dimiliki, teknisi komputer dapat dibagi menjadi empat jenis. Pertama, seorang teknisi perbaikan komputer yang memiliki tugas untuk memeriksa komputer kliennya dan menentukan masalah dari komputer tersebut. Kedua, seorang teknisi jaringan komputer yang memiliki tugas untuk pemeliharaan jaringan komputer dari kliennya. Ketiga, sorang teknisi infrastruktur komputer memiliki tugas untuk merancang dan menerapkan jaringan komputer besar. Terakhir, seorang teknisi server komputer memiliki tugas untuk mengelola server farms dari kliennya. Deskripsi pekerjaan dari seorang teknisi komputer menunjukkan bahwa mereka harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai teknologi komputer.

Berbagai profesi terkait

  • Teknisi Hardware
  • Computer Service
  • Teknisi Software

Kisaran Pendapatan

Gaji Teknisi Komputer berkisar mulai dari Rp2.600.000 hingga Rp7.200.000 per bulan atau lebih sesuai dengan dimana tempat bekerja, kemampuan, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Lulusan SMK Jurusan Teknologi Informasi, Komputer, Elektronik; Gelar Sarjana Komputer, Teknik Komputer, Teknologi Informasi, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Seorang teknisi komputer tentu wajib memiliki pengetahuan yang luas mengenai teknologi komputer. Sebab, ia bertanggung jawab atas perbaikan serta pemeliharaan instalasi dan peralatan komputer kliennya. Selain pengetahuan mengenai teknologi komputer. Seorang teknisi juga wajib memiliki keahlian di bidang mekanik dan reparasi. Tak ketinggalan, kemampuan di bidang pemrograman juga perlu dimilikinya. Seorang teknisi komputer harus menguasai keahlian dan kemampuan di atas karena permasalahan komputer dapat berasal dari segi software dan hardware.

Demi menemukan solusi yang tepat untuk masalah perkomputeran, seorang teknisi komputer harus memiliki kemampuan analisis sistem yang baik supaya ia tahu kelemahan dan kelebihan dari pilihan solusi yang ia miliki. Selain itu, ia juga wajib memiliki sensitivitas masalah agar dapat mengantisipasi masalah atau menyelesaikan masalah tersebut secara cepat. Di luar itu, ia juga harus memiliki ketelitian khususnya dalam hal merawat peralatan. Hal ini diperlukan untuk mencegah adanya masalah.

Di luar hal-hal teknis di atas, seorang teknisi komputer wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini diperlukan supaya ia dapat menjelaskan masalah yang ia tangani kepada kliennya secara sederhana dan mudah dimengerti. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa Inggris dapat menjadi nilai lebih bagi profesi ini apabila ia bekerja untuk orang atau perusahaan asing. Kemampuan lain yang ia perlukan adalah layanan pelanggan dan personal, pertimbangan dan pengambilan keputusan, serta penalaran deduktif dan induktif.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan komputer
  • Perusahaan provider
  • Perusahaan internet berlangganan