span 1 span 2 span 2

Informatika

SEO Specialist (Ahli SEO)

Deskripsi

Spesialis SEO memiliki tugas untuk memastikan bahwa halaman situs web yang dikelola mendapatkan peringkat tertinggi dalam search engine. SEO spesialis harus bisa meningkatkan jumlah orang yang mengunjugi situs web yang dikelola sehigga menghasilkan sebuah keuntungan. Apabila ingin menjadi seorang SEO spesialis yang handal harus menguasai aturan-aturan dasar SEO dan pernah bekerja dibidang media online.

Berbagai profesi terkait

  • Search Analyst
  • Website Manager
  • Ahli Internet
  • Spesialis SEO
  • Pakar SEO

Kisaran Pendapatan

Gaji SEO Specialist berkisar Rp 1.050.000 hingga Rp 10.000.000, namun gaji rata - rata SEO Specialist adalah Rp 4.400.000 tergantung pada UMK / UMP di masing – masing daerah.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Komputer, Teknik Informatika, dan Jurusan Lain yang Relevan; Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika.



Keahlian dibutuhkan

SEO Specialist adalah profesi yang amat erat kaitannya dengan dunia internet. Oleh karena itu, untuk menekuni profesi ini diperlukan pengetahuan di bidang komputer dan elektronik, khususnya di bidang analisis sistem dan pemrograman. Kemampuan hitung-hitungan atau matematika juga diperlukan karena kegiatan coding dalam dunia internet banyak bersinggungan dengan angka-angka.

Dalam mengoptimasi sebuah situs, seorang SEO Specialist memerlukan sensitivitas terhadap masalah dan peka terhadap tren di dunia maya agar strategi SEO yang dilakukan dapat berjalan efektif. Pemahaman atas strategi penjualan dan pemasaran juga diperlukan oleh SEO Specialist supaya penggunaan SEO ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung sebuah situs. Untuk itu, ia dituntut pula untuk memiliki kreativitas dan penuh dengan ide agar situs tersebut menarik untuk dikunjungi.

Apabila kamu masih awam dengan dunia komputer dan internet, kamu masih bisa menjadi seorang SEO Specialist. Razlan Gravilas, penulis di situs searchenginejournal.com¸ mengatakan apabila ingin memahami SEO, seseorang tidak harus menguasai hal-hal yang terlalu teknis. Tetapi, seseorang yang menguasai hal-hal teknis tentu jauh lebih unggul dalam pekerjaannya sebagai SEO Specialist.

Kemampuan lain yang dapat menunjang pekerjaan seorang SEO Specialist adalah kemampuan berkomunikasi dengan klien dan antarpersonal, mampu menyelesaikan masalah yang kompleks, dan pola pikir kritis.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan IT
  • Kantor bisnis