span 1 span 2 span 2

Informatika

Computer Support Specialist (Customer Support)

Deskripsi

Computer Support Specialist memberikan bantuan teknis dan support yang berkaitan dengan hardware, software, jaringan kepada penggunanya. Kemudian bertugas dalam menjawab pertanyaan atau mengatasi masalah computer untuk klien dengan secara langsung, melalui telepon, atau dengan secara elektronik dan memberikan bantuan tentang pengguaan hardware dan software, termasuk pemecah masalah, instalasi, email, printer, jaringan, dan system operasi.

Berbagai profesi terkait

  • System Supprot
  • Technical Support
  • Computer System and Networking
  • Helpdesk Engineer

Kisaran Pendapatan

Gaji Computer Support Specialist berkisar antara Rp 850.000 hingga Rp 8.500.000, namun gaji rata rata Computer Support Specialist adalah Rp 3.650.000 atau tergantung pada UMK/UMP di masing – masing daerah.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Komputer, Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Jurusan Lain yang Relevan; Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika.



Keahlian dibutuhkan

Seperti profesi lain yang bergerak di bidang teknologi informasi, seorang computer support specialist wajib memiliki pengetahuan yang luas di bidang ilmu komputer dan teknologi. Kedua pengetahuan itu amat penting untuk ia miliki karena ia bertanggung jawab dalam memlihara sistem komputer, baik berupa hardware atau software. Karena itu, profesi ini juga harus mempunyai keahlian di bidang pemrograman dan mekanis.

Selain itu, seorang computer support specialist juga wajib memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah kompleks. Sebab, ia juga harus dapat menganalisis dan memberikan solusi atas masalah sebuah sistem komputer. Untuk itu, ia pun mesti mampu menganalisis dan mengavaluasi sistem yang sedang berjalan. Hal ini diperlukan supaya ia dapat menemukan dan menentukan solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Sensitivitas masalah pun dibutuhkan oleh seorang computer support specialist supaya dapat mengantisipasi masalah yang timbul secara cepat. Kemampuan matematika juga penting untuk ia kuasai karena dunia teknologi komputer erat kaitannya dengan angka-angka. Kemampuan lain yang perlu dimiliki seorang computer support specialist adalah layanan pelanggan dan personal, pertimbangan dan pengambiilan keputusan, serta penalaran deduktif dan induktif.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan 
  • Agency 
  • Media massa
  • Web developer