span 1 span 2 span 2

Industri

Spesialis Konservasi Alam

Deskripsi

Sebagai spesialis konservasi alam, mereka akan bekerja untuk melindungi, mengelola, dan meningkatkan kemampuan lingkungan setempat untuk tetap lestari. Lingkungan tersebut dapat berupa padang rumput, hutan, daerah pesisir, ataupun sungai. Petugas konservasi alam harus bisa mendorong dan mempromosikan pemahaman pengelolaan lingkungan yang baik kepada masyarakat di sekitar lingkungan tersebut. Selain itu, mereka harus bisa mengembangkan kebijakan yang mungkin memiliki dampak terbaik pada lingkungan secara lokal dan nasional.

Berbagai profesi terkait

  • Conservation Specialist
  • Spesialis Konservasi Terumbu Karang
  • Spesialis Konservasi Hutan
  • Spesialis Konservasi

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang spesialis konservasi alam berada pada kisaran Rp5.0000.000 hingga lebih dari Rp.8.500.000 sesuai lokasi tempat bekerja, posisi, serta pengalaman kerja yang dimiliki.


Kualifikasi

Sarjana Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, Kelautan, Kehutanan, Sains Biologi, Geografi, Silvikultur, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Seorang petugas konservasi alam wajib mempunyai perhatian dan pengetahuan yang baik terkait lingkungan hidup. Sebab, profesi ini bertugas untuk melindungi, mengelola, dan meningkatkan kualitas lingkungan di sebuah tempat. Oleh sebab itu, seorang petugas konservasi alam mesti menguasai pengetahuan di bidang biologi dan geografi. Pengetahuan di bidang biologi akan bermanfaat baginya dalam menganalisis perilaku makhluk hidup di sebuah lingkungan. Sementara, pengetahuan di bidang geografi akan membantunya dalam menganalisis penampakan fisik sebuah lingkungan.

Seorang petugas konservasi alam juga bertugas untuk dapat mengembangkan kebijakan yang berdampak positif bagi lingkungan. Oleh sebab itu, profesi ini mesti mempunyai pengetahuan di bidang hukum dan pemerintahan agar dapat memahami aturan dan prosedur terkait lingkungan hidup. Ia pun dituntut untuk kritis agar dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari kebijakan lingkungan hidup. Selain itu, seorang spesialis konservasi alam juga harus mempunyai kemampuan monitoring yang baik agar dapat mengelola dan mengawasi lingkungan hidup di sebuah tempat.

Tugas lain dari seorang petugas konservasi alam adalah mendorong dan mempromosikan pemahaman pengelolaan lingkungan yang baik kepada masyarakat. Untuk itu, ia harus mempunyai kemampuan persuasi yang baik supaya masyarakat tertarik mempelajari hal tersebut. Seorang petugas konservasi alam pun mesti memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar dapat menjelaskan hal tersebut secara sederhana dan mudah dimengerti.



Instansi pekerjaan

  • Pemerintahan
  • Perguruan tinggi