span 1 span 2 span 2

Industri

Musisi

Deskripsi

Seniman yang bergelut pada bidang musik. Mereka memainkan musik tertentu sebagai individu, pengiring, atau kelompok seperti orkestra atau band. Selain bermain musik, seorang musisi juga dapat menjadi pengaransemen musik atau konduktor musik.

Berbagai profesi terkait

  • Musisi Orkestra
  • Pemain Violin
  • Pemain Perkusi
  • Pemain Terompet
  • Pemain Cello

Kisaran Pendapatan

Pemasukan yang didapatkan dari setiap penyanyi berbeda-beda dan tidak ada patokannya secara khusus.


Kualifikasi

Tidak Memerlukan Kualifikasi Khusus.



Keahlian dibutuhkan

Selayaknya profesi lain yang bergerak di bidang seni, kreativitas merupakan modal utama bagi seorang musisi. Dalam hal ini, seorang musisi harus kreatif memadukan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik agar terdengar merdu. Untuk itu, seorang musisi tentu wajib dapat memainkan setidaknya satu alat musik. Dalam menulis lirik, seorang musisi juga harus menggunakan kreativitas yang dimilikinya. Sebab, ia mesti mampu merangkai kata-kata agar lirik lagu tersebut dapat berisi pesan yang kuat untuk dinyanyikan.

Dalam bermain musik, seorang musisi juga perlu memiliki sensitivitas pendengaran yang baik supaya ia dapat mengetahui perpaduan bunyi seperti apa yang akan enak didengar. Selain itu, seorang musisi juga dituntut untuk memiliki ketangkasan serta kestabilan lengan dan tangan. Sebab, bermain musik khususnya dalam sebuah konser pasti membutuhkan konsentrasi dan stamina yang prima. Ia juga mesti memiliki rasa percaya diri tinggi ketika berdiri di atas panggung.

Di luar itu, seorang musisi wajib memiliki manajemen waktu yang baik. Sebab, kegiatan seorang musisi terkenal biasanya dipenuhi oleh jadwal konser di berbagai tempat dan waktu yang berdekatan pula. Seorang musisi juga perlu mampu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik karena pekerjaannya banyak didukung oleh berbagai pihak, seperti manajer, rekan satu band, pihak studio rekaman, dan lain-lain.



Instansi pekerjaan

  • Event
  • Komunitas music
  • Media massa