span 1 span 2 span 2

Industri

Logisticians

Deskripsi

Seorang logisticians bertanggung jawab untuk seluruh siklus hidup produk, termasuk akuisisi, distribusi, alokasi internal, pengiriman, dan pembuangan akhir sumber data. Logistik dari sebuah perusahaan ditentukan oleh profesi ini. Sebagai seorang logisticians, mereka harus memiliki kemampuan manajemen yang bagus untuk dapat mengelola logistic secara teratur.

Berbagai profesi terkait

  • Petugas Logistik
  • Perencana Produksi
  • Kepala Tim Logistik

Kisaran Pendapatan

Gaji Logisticians berkisar Rp580.000 hingga Rp9.000.000, namun gaji rata rata Logisticians adalah Rp3.500.000 tergantung pada UMK / UMP di masing-masing daerah.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Semua Jurusan.



Keahlian dibutuhkan

Kemampuan administrasi dan manajemen merupakan kemampuan yang amat wajib dimiliki oleh seorang logisticians. Sebab, dua kemampuan itu dapat membantu seorang logisticians dalam melakukan pekerjaannya, yaitu mengelola dan mengorganisir logistik sebuah perusahaan secara teratur. Ia juga dapat membuat perencanaan logistik dengan baik apabila menguasai dua kemampuan di atas. Seorang logisticians sebaiknya mempunyai pengetahuan yang baik di bidang transportasi, mulai dari metode pengiriman barang, efektivitasnya, dan bujet yang harus dikeluarkan.

Seorang logisticians juga dituntut untuk memiliki sensitivitas masalah agar ia dapat mengidentifikasi dan mengantisipasi masalah logistik yang dapat muncul. Selain itu, ia pun harus mampu menyelesaikan masalah yang kompleks dalam waktu singkat dan dengan solusi yang tepat. Untuk itu, ia dituntut untuk kritis serta memiliki kemampuan analisis yang baik agar dapat mempertimbangkan dan menentukan solusi yang tepat. Kemampuan monitoring juga ia butuhkan untuk mengawasi kegiatan logistik dan menghindarkannya dari masalah atau hambatan yang dapat muncul.

Seorang logisticians pun wajib memiliki orientasi melayani dalam melakukan pekerjaannya. Orientasi melayani ini penting dimiliki untuk menjamin kepuasan klien, baik internal maupun eksternal. Selain itu, profesi ini juga dituntut untuk memiliki koordinasi dan kerja sama tim yang baik. Kemampuan lain yang perlu dimiliki seorang logisticians adalah penguasaan komputer, Bahasa Inggris, penalaran deduktif dan induktif, serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Pemerintahan
  • Perusahaan
  • Pelabuhan