span 1 span 2 span 2

Industri

Kurator Galeri/Museum

Deskripsi

Kurator dalam seni layaknya seperti manager atau supervisor yang bertugas mengamati dan menganalisis perkembangan seni. Kurator juga memilliki tugas untuk mempertimbangkan, mengumpulkan, serta menata barang apa saja yang boleh ditampilkan dalam museum atau pameran seni.

Berbagai profesi terkait

  • Kurator Museum
  • Direktur Galeri
  • Kurator Edukasi
  • Manajer Koleksi

Kisaran Pendapatan

Gaji Kurator berkisar mulai dari Rp4.200.000 hingga Rp5.600.000 per bulan atau lebih sesuai dengan dimana tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Master Sejarah, Seni, Arkeologi, Antropologi, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Seorang kurator galeri/museum tentu saja harus memiliki selera seni yang amat baik. Sebab, profesi ini bertugas untuk mempertimbangkan, mengumpulkan, serta menata barang-barang yang dapat ditampilkan dalam museum atau galeri. Jadi, bila seorang kurator memiliki selera seni yang biasa-biasa saja, maka kualitas barang-barang yang ditampilkan di dalam museum dan galeri akan biasa-biasa saja pula.

Selain selera seni yang baik, seorang kurator juga dituntut untuk memiliki pengetahuan di bidang sejarah. Sebab, benda-benda yang dipamerkan di museum atau galeri biasanya harus memiliki nilai sejarah yang tinggi.  Profesi ini sebaiknya juga memiliki kemampuan penyusunan informasi serta komunikasi lisan dan tulis yang baik. Sebab, ia harus dapat menjelaskan informasi atau nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah benda pameran kepada pengunjung secara sederhana dan mudah dimengerti.

Selain itu, seorang kurator pun wajib memiliki kemampuan administrasi dan manajemen agar dapat mengorganisir benda-benda yang dipamerkan dengan baik. Kemampuan berbahasa Inggris dan asing juga diperlukan karena profesi ini biasanya berinteraksi dengan seniman atau kurator dari berbagai belahan dunia. Kemampuan lain yang perlu ia miliki adalah layanan pelanggan dan personal, kritis, monitoring, visualisasi, dan negosiasi.



Instansi pekerjaan

  • Museum