span 1 span 2 span 2

Industri

Equipment Manager

Deskripsi

Seorang equipment manager bertugas untuk mengatur dan memastikan perlengkapan, peralatan, fasilitas, dan gedung tempat kerja agar dapat memenuhi kebutuhan karyawan. Mereka juga harus dapat memastikan bahwa suatu perusahaan memiliki tempat kerja yang nyaman dan aman bagi karyawannya. Profesi ini harus memiliki keahlian untuk memilih dan merawat peralatan agar karyawan-karyawan perusahaan dapat nyaman bekerja.

Berbagai profesi terkait

  • Facility Operations and Maintanance Manager
  • Building Manager
  • Facility Manager
  • Manajer Perlengkapan

Kisaran Pendapatan

Gaji Equipment Manager berkisar mulai dari Rp7.000.000 hingga Rp12.000.000 per bulan atau lebih sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Semua Jurusan.



Keahlian dibutuhkan

Seorang equipment manager bertugas untuk memastikan bahwa setiap karyawan dari sebuah perusahaan memiliki tempat kerja yang aman dan nyaman. Oleh karena itu, ia mesti memiliki pengetahuan di bidang manajemen bangunan, kemampuan visualisasi, serta orientasi visual. Ketiga kemampuan ini dibutuhkan supaya ia dapat menciptakan sebuah ruangan atau bangunan yang memberi suasana nyaman dan aman bagi para penggunanya.

Selain bentuk dan rupa bangunan, suasana nyaman dan aman juga dapat diwujudkan dari tersedianya perlengkapan, peralatan, dan fasilitas yang diperlukan oleh penggunanya. Oleh sebab itu, ia perlu mempunyai kemampuan komunikasi interpersonal yang baik agar mengetahui keinginan dan kebutuhan para pengguna. Selain itu, profesi ini pun bertugas dalam menjaga kondisi ruangan dan perlatan yang ada. Oleh karena itu, seorang equipment manager juga perlu memiliki kemampuan monitoring dan perawatan yang baik.

Kemampuan administrasi dan manajemen pun wajib dipunyai oleh profesi ini untuk mengelola dan mengorganisir pekerjaannya serta barang-barang dan fasilitas yang telah diberikan kepada karyawan.  Ia pun mesti memiliki kemampuan evaluasi sistem untuk mengetahui apakah fasilitas yang diberikan dapat berpengaruh positif bagi kinerja karyawan. Meski begitu seorang equipment manager juga harus mengedepankan keselamatan dan keamanan pengguna fasilitas tersebut. Kemampuan lain yang perlu ia miliki adalah manajemen personil dan sumber daya manusia, koordinasi, dan penyusunan informasi.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Industri