span 1 span 2 span 2

Industri

DJ

Deskripsi

Disc Jockey (DJ) adalah seorang yang memainkan rekaman musik untuk orang lain. Dalam memainkan rekaman musik tersebut biasanya seorang DJ memiliki cara-cara yang berbeda, mereka menambahkan efek-efek suara, mempersingkat atau menunda transisi, mengkombinasikan berbagai rekaman musik sekaligus, dsb. DJ biasanya bekerja untuk memberikan hiburan musik di klub malam, restoran, ataupun stasiun radio. Ada beberapa jenis DJ, yakni Radio DJ yang bekerja di radio, Mobile DJ yang bermain di acara-acara seperti kawinan, ulang tahun, dsb., dan Club DJ, yang bekerja di klub malam.

Berbagai profesi terkait

  • Disc Jockey (DJ)

Kisaran Pendapatan

Pendapatan DJ belum dapat dipastikan karena tergantung dari tingkat ketenaran dan banyaknya tawaran pekerjaan yang diambil. 


Kualifikasi

Tidak Memerlukan Kualifikasi Khusus.



Keahlian dibutuhkan

Selayaknya profesi lain yang bergerak di bidang seni musik, seorang disc jockey (DJ) tentu harus memiliki pengetahuan di bidang seni musik supaya ia menghasilkan musik yang enak didengar. Oleh sebab itu, profes ini mesti memiliki sensitivitas pendengaran yang baik agar ia dapat memadukan musik-musik yang telah ada ke dalam sebuah karya musik baru. Selain itu, kreativitas juga amat diperlukan oleh seorang DJ supaya musik yang ia racik memiliki keunikan dan enak didengar.

Seperti yang sudah diketahui, seorang DJ tidak harus dapat menguasai sebuah alat musik karena tugasnya adalah memilih, meracik, dan memodifikasi musik dan lagu yang sudah ada. Oleh sebab itu, seorang DJ justru dituntut untuk menguasai peralatan DJ-nya seperti turntable dan komputer beserta aplikasi pengolah musik dan suara di dalamnya. Tak cuma menguasainya, ia pun harus dapat merawat kedua peralatan tersebut.

Selain itu, seorang DJ juga mesti memiliki respon dan reflek yang cukup baik. Sebab, ia harus dapat memilah dan menentukan musik yang sesuai dengan selera dan mood para pendengar. Oleh sebab itu, ia juga harus memiliki referensi musik yang cukup banyak. Seorang DJ juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena ia sebaiknya tak hanya memainkan musik tapi juga berinteraksi dengan para penonton atau pendengar.



Instansi pekerjaan

  • Klub malam
  • Event organizer