span 1 span 2 span 2

Industri

Customer Service

Deskripsi

Customer Service membantu kebutuhan para customer, membantu memberikan kepuasan kepada pelanggan, memberikan informasi dan juga membantu menangani keluh kesah parah customer yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Berbagai profesi terkait

  • Fasilitator Penjualan
  • Representatif Layanan Konsumen
  • Spesialis Layanan Pelanggan
  • Agen Layanan Pelanggan
  • Representatif Layanan Klien
  • Representatif Panggilan Pusat

Kisaran Pendapatan

Gaji Customer Service berkisar Rp800.000 hingga Rp9.000.000, namun gaji rata rata Customer Service adalah Rp3.750.000 tergantung pada UMK / UMP di masing-masing daerah.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Komunikasi, Marketing, Manajemen, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Customer service merupakan profesi yang bertugas untuk berhubungan dengan pelanggan dalam memberikan informasi serta menanggapi pertanyaan dan keluhan dari konsumen. Oleh sebab itu, seorang customer service mesti memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan ini penting dimiliki agar ia dapat menyampaikan pesan kepada konsumen secara sederhana dan mudah dimengerti. Seorang customer service pun harus mengedepankan kepuasan konsumen dalam pekerjaannya. Maka, ia berorientasi pada pelayanan konsumen.

Dalam berinteraksi dengan konsumen, seorang customer service sebaiknya harus mampu memastikan bahwa masalah yang dialami konsumen dapat terselesaikan. Oleh sebab itu, ia perlu memahami prosedur dan kegiatan-kegiatan teknis perusahaan agar dapat memberi solusi tepat bagi konsumen. Selain itu, ia juga harus kritis dalam mendalami keluhan dan pertanyaan konsumen agar dapat memahami masalah yang mereka alami.

Sebagai profesi yang berinteraksi dengan banyak orang, kemampuan berbahasa Inggris perlu dikuasai oleh seorang customer service. Kemampuan ini akan sangat berguna ketika ia bekerja bagi sebuah perusahaan internasional atau multinasional yang konsumennya berasal dari berbagai negara. Seorang customer service juga wajib mengoperasikan komputer karena dapat membantunya dalam mengorganisir dan mengelola keluhan yang masuk. Kemampuan lain yang perlu dimiliki profesi ini adalah administrasi dan manajemen serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Pemerintahan