span 1 span 2 span 2

Hukum

Observer (Pengamat Hukum)

Deskripsi

Pengamat hukum memiliki ruang lingkup tugas untuk mengamati isu-isu di bidang hukum dan memberikan pendapatnya terkait isu-isu tersebut. Biasanya, seorang pengamat hukum menjelaskan pandangannya di media massa dan media elektronik. Mereka harus memiliki kemampuan analisis yang tajam dan kepekaan yang tinggi mengenai isu-isu di bidang hukum yang sedang berkembang.

Berbagai profesi terkait

  • Pengamat Hukum
  • Dosen, Profesor

Kisaran Pendapatan

Pendapatan untuk profesi ini belum dapat dipastikan. 


Kualifikasi

Gelar Master Hukum.



Keahlian dibutuhkan

Keahlian utama dari seorang pengamat hukum adalah penguasaan ilmu hukum itu sendiri. Hal ini diperlukan agar ia dapat memiliki pandangan yang akurat dan objektif ketika dimintai pendapatnya mengenai sebuah kasus hukum. Selain itu, pola pikir yang kritis serta independensi seorang pengamat hukum juga dapat membuatnya memiliki pandangan yang objektif dalam melihat sebuah kasus hukum.

Seorang pengamat hukum juga harus memiliki sensitivitas masalah dan kepekaan sosial yang tinggi. Dua hal itu akan memudahkan dirinya dalam menganalisis suatu kasus hukum. Kemampuan analisis profesi ini juga harus sangat baik demi membuahkan pandangan yang akurat dan objektif dari seorang pengamat hukum. Selain itu, profesi ini juga dituntut mampu melakukan penalaran deduktif dan induktif.

Profesi tersebut juga harus mampu menyusun informasi yang ia miliki secara sederhana. Selain itu, sosok yang kerap dimintai pendapat terkait sebuah kasus hukum ini perlu membekali dirinya dengan kecakapan berkomunikasi, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Di luar itu, meski ia bergelut di bidang hukum seorang pengamat hukum sebaiknya juga mendalami sosiologi dan antropologi untuk mengetahui sistem sosial dan budaya yang berlaku di sebuah wilayah.



Instansi pekerjaan

  • Lembaga hukum