span 1 span 2 span 2

Hukum

Metallurgist

Deskripsi

Seorang ahli metalurgi berfokus pada proses ekstraksi dan pengolahan berbagai logam dan campurannya. Mereka akan menyelidiki dan memeriksa kinerja logam seperti besi, baja, alumunium, nikel, serta tembaga untuk menggunakannya sebagai produk yang bernilai ekonomi.

Berbagai profesi terkait

  • Chemical Metallurgist
  • Physical Metallurgist
  • Process Metallurgist

Kisaran Pendapatan

Gaji Ahli Metalurgi belum dapat dipastikan namun bisa mencapai puluhan juta rupiah atau lebih sesuai dengan daerah tempat bekerja, kemampuan, dan pengalaman. 


Kualifikasi

Gelar Sarjana Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, dan Jurusan Lain yang Relevan; Sertifikasi Persatuain Insinyur Indonesia (PII).



Keahlian dibutuhkan

Pengetahuan di bidang rekayasa dan teknologi merupakan modal utama yang wajib dimiliki seorang metallurgist. Sebab, profesi ini bertanggung jawab pada kegiatan yang erat berhubungan dengan dunia rekayasa dan teknologi, yaitu proses ekstraksi dan pengolahan berbagai logam dan campurannya. Seorang metallurgist juga harus mempunyai pengetahuan kimia yang baik untuk meneliti struktur atom dari logam-logam tersebut.

Selain itu, seorang metallurgist juga harus memiliki pengetahuan mengenai sistem produksi dan pengolahan sebuah barang agar dapat mengetahui bagaimana logam-logam dapat diolah menjadi sebuah barang yang bermanfaat. Oleh sebab itu, ia pun mesti kritis dan mempunyai kemampuan analisis yang kuat agar dapat mengetahui potensi yang dimiliki oleh sebuah jenis logam. Untuk itu, seorang metallurgist juga harus memiliki pengetahuan di bidang fisika dan matematika untuk karena pengolahan logam juga membutuhkan perhitungan yang matang.

Seorang metallurgist juga harus mempunyai sensitivitas terhadap masalah agar ia dapat mengidentifikasi dan mengantisipasi bahaya yang dapat muncul dalam pengolahan sebuah logam. Kemampuan lain yang perlu dimiliki profesi ini adalah Bahasa Inggris, penyelesaian masalah kompleks, penalaran deduktif dan induktif, serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Pemerintahan
  • Pertambangan
  • Industri otomotif