span 1 span 2 span 2

Hukum

Market Researcher

Deskripsi

Sebagai seorang peneliti pemasaran, kalian harus mengumpulkan dan menganalisis data yang nantinya harus disampaikan kepada klien. Data yang peneliti pemasaran berikan harus bisa menggambarkan pemetaan pasar yang dapat diraih oleh klien. Hal tersebut akan membantu klien untuk membuat keputusan bisnis yang tepat. Seorang peneliti pemasaran harus dapat menguasai metode penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Peran yang penting dalam pemasaran suatu perusahaan membuat seorang peneliti pemasaran sangat dicari dalam dunia bisnis.

Berbagai profesi terkait

  • Manager Riset Pasar
  • Konsultan Riset Pasar
  • Analis Riset Pasar
  • Analis Pasar

Kisaran Pendapatan

Gaji Market Researcher berkisar mulai dari Rp5.000.000 hingga Rp8.000.000 sesuai dengan kompetensi serta pengalaman yang dimiliki. Pada beberapa perusahaan bonafit, gaji dapat mencapai hingga Rp10.000.000/bulan atau lebih.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, Manajemen, Marketing, Komunikasi, Psikologi, dan Jurusan Lain yang Relevan; Sertifikat Certified Marketing Analyst.



Keahlian dibutuhkan

Profesi peneliti pemasaran sangat erat katiannya dengan kegiatan penelitian, baik kuantitatif dan kualitatif. Maka, apabila kamu ingin menjadi seorang peneliti pemasaran sebaiknya kamu mulai akrab dengan dunia penelitian. Hal ini bisa dimulai dengan menyukai hitung-hitungan dan statistik yang berperan penting dalam penelitian kuantitatif. Sedangkan, dalam penelitian kualitatif kamu harus membiasakan untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Selain itu, seorang peneliti pemasaran juga perlu memiliki kemampuan analisis yang baik. Untuk itu, ia mesti lihai dalam mempertimbangkan dan mengambil sebuah keputusan, menentukan masalah, serta menguasai penalaran deduktif dan induktif.

Sebagai peneliti yang hasil kerjanya akan dituangkan dalam sebuah laporan, kemampuan menyusun informasi baik dalam bentuk lisan dan tulisan juga penting bagi seorang peneliti pemasaran agar laporannya dapat disampaikan secara efektif.

Di luar hal yang berhubungan dengan penelitian, kemampuan manajemen dan administrasi serta layanan pelanggan dan personal juga diperlukan oleh seorang peneliti pemasaran. Tak ketinggalan, Bahasa Inggris sebaiknya dikuasai karena klien-klien dapat berasal dari belahan dunia mana pun. Pola pikir yang kritis serta peka terhadap sekitar juga tidak boleh dilupakan oleh peneliti pemasaran.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Wirausaha
  • Agensi