span 1 span 2 span 2

Hukum

Akupuntur

Deskripsi

Ahli akupuntur adalah seorang praktisi kesehatan yang mengambil pendekatan secara tradisional. Mereka menerapkan terapi kuno yang didasarkan pada teori bahwa tubuh tergantung pada energi vital dalam tubuh yang seimbang. Jika ada rasa sakit atau penyakit, seorang akupuntur melihat bahwa energi vital dalam tubuh tidak seimbang. Untuk memperbaiki hal tersebut dengan memasukkan jarum halus ke dalam titik-titik energi vital dalam tubuh. Karena tidak bisa sembarang orang menjadi ahli akupuntur, mereka harus memiliki sertifikasi akupuntur dan harus melewati pendidikan profesi akupuntur.

Berbagai profesi terkait

  • Ahli Akupuntur
  • Dokter Akupuntur

Kisaran Pendapatan

Pendapatan Akupuntur belum dapat dipastikan namun bisa mencapai puluhan juta mengingat perlu adanya sertifikasi dan pelatihan khusus yang harus diikuti. 


Kualifikasi

Gelar Profesi Akupuntur; Sertifikasi Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.



Keahlian dibutuhkan

Sebagai profesi yang bergerak di bidang kesehatan, seorang akupuntur tentu harus mempunyai pengetahuan dalam bidang ilmu medis. Pengetahuan ini wajib ia kuasai supaya dapat mendiagnosis penyakit yang dialami oleh pasien dan dapat menentukan tindakan yang tepat bagi pengobatan pasien. Profesi ini juga mesti mempunyai pengetahuan yang baik di bidang psikologi untuk mengetahui sifat dan perilaku manusia yang dapat berpengaruh terdapat kesehatannya. Selain itu, ia pun mesti mempunyai keahlian dalam hal terapi.

Seperti profesi lain yang bergerak di bidang kesehatan, seorang ahli akupuntur juga harus memiliki orientasi melayani. Seorang ahli akupuntur mesti mengutamakan kesehatan pasien-pasiennya di atas kepentingan pribadinya. Selain itu, seorang ahli akupuntur pun harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik agar ia dapat menjelaskan kondisi kesehatan pasien dan mendapat kepercayaan dari mereka untuk melakukan tindakan akupuntur.

Ketika mengobati pasien, seorang ahli akupuntur pun dituntut untuk mampu dan berani mengambil keputusan. Sebab, ia harus bereaksi cepat dalam mengobati pasien. Untuk itu, ia mesti kritis supaya dapat mengetahui langkah pengobatan yang tepat untuk diambil. Selain itu, profesi ini juga harus mempunyai sensitivitas masalah agar ia dapat mengidentifikasi dan mengantisipasi masalah kesehatan yang dialami pasien. Kemampuan lain yang perlu dimiliki seorang ahli akupuntur adalah penalaran deduktif dan induktif, Bahasa Inggris, serta layanan pelanggan dan personal.



Instansi pekerjaan

  • Rumah sakit
  • Klinik