span 1 span 2 span 2

Energi & Lingkungan

Water Engineer

Deskripsi

Seorang water engineer biasanya bertanggung jawab dalam hal penyediaan air bersih, pembuangan air limbah, dan pencegahan banjir. Biasanya mereka bekerja membangun infrastruktur air, seperti sea defence wall, pumping stations, dan waduk. Menjadi seorang teknisi air harus memiliki pengetahuan mengenai teknik penyediaan air, seperti macam-macam teknologi perairan.

Berbagai profesi terkait

  • Teknisi Air
  • Watering Engineer
  • Aquatic Engineer

Kisaran Pendapatan

Pendapatan seorang water engineer berkisar mulai dari Rp5.000.000 hingga lebih dari Rp8.000.000 sesuai dengan posisi, kompetensi, serta pengalaman kerja.


Kualifikasi

Sarjana Teknik Perairan, Teknik Kelautan, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, dan Jurusan Lain yang Relevan; Sertifikasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII).



Keahlian dibutuhkan

Seorang water engineer wajib mempunyai pengetahuan dan keahlian di bidang rekayasa dan teknologi untuk menciptakan sebuah sistem pengairan yang efektif dan efisien. Dalam membuat sistem tersebut, ia harus dapat memanfaatkan teknologi yang ada utuk dimanfaatkan dalam hal pengolahan dan pengelolaan air. Misalnya, ia dapat menggunakan teknologi untuk menyediakan air bersih, mengolah air limbah, dan mencegah banjir. Untuk itu, seorang water engineer dituntut untuk mempunyai kemampuan analisis yang baik agar dapat menentukan sistem pengairan yang paling tepat.

Ketika merancang dan mengerjakan sebuah sistem pengairan, seorang water engineer harus memiliki pengetahuan yang baik dalam beberapa bidang ilmu, yaitu sains, fisika, kimia, dan matematika.  Ilmu kimia, misalnya dapat digunakan untuk memilah antara air yang baik dan yang tidak baik untuk kesehatan. Sementara, matematika wajib ia kuasai karena sistem pengairan harus didasari oleh perhitungan yang matang, baik dari segi perencanaan maupun teknis.

Selain itu, seorang water engineer juga harus memiliki sensitivitas masalah agar dapat mencegah dan mengantisipasi masalah-masalah yang dapat timbul dari sistem yang telah ia rancang. Tak ketinggalan, kemampuan berkomunikasi pun wajib dimiliki oleh profesi ini. Sebab, ia harus mampu berkoordinasi serta bekerja dalam sebuah tim dengan baik. Kemampuan lain yang perlu dimiliki oleh seorang water engineer adalah keahlian mekanis, pengetahuan mengenai produksi dan pengolahan, serta penyelesaian masalah kompleks.



Instansi pekerjaan

  • Instansi pemerintahan
  • BUMN
  • Perusahaan
  • Perguruan tinggi