span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Tax Adviser

Deskripsi

Penasihat pajak menggunakan pengetahuannya tentang peraturan pajak untuk memberikan layanan konsultasi kepada klien. Penasihat pajak harus memastikan seorang klien untuk membayar pajak dengan cara yang paling efisien. Pastinya, seorang penasihat pajak harus memiliki pengetahuan mengenai regulasi pajak dan kemampuan analitis yang kuat. Penasihat pajak bisa bekerja personal atau bergabung dengan perusahaan penasihat pajak. Oleh karena itu, kalian dapat menjadi penasihat pajak dengan berkerja sendiri ataupun bekerja untuk perusahaan penasihat pajak.

Berbagai profesi terkait

  • Ahli Perencanaan Pajak Perusahaan
  • Ahli Perencanaan Pajak Penghasilan
  • Penasihat Pajak Ahli
  • Rekan Perpajakan
  • Konsultan Pajak
  • Spesialis Pajak
  • Ahli Perencanaan Pajak

Kisaran Pendapatan

Gaji Penasihat Pajak berada pada kisaran Rp3.500.000 hingga Rp7.000.000/bulan atau lebih tergantung lokasi, posisi, kompetensi, serta pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, Administrasi Fiskal, Perpajakan; Sertifikat Brevet A-B; Sertifikat Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI).



Keahlian dibutuhkan

Sebagai profesi yang bertugas untuk membantu klien dalam menyelesaikan masalah perpajakannya, maka seorang penasihat pajak wajib memahami dunia perpajakan. Tak hanya itu, pengetahuan ekonomi dan akuntansi yang ditunjang dengan keahlian matematika juga wajib dikuasai agar ia dapat memberikan nasihat dan rekomendasi uang tepat bagi kliennya. Selain itu, seorang penasihat pajak juga perlu mengetahui sistem hukum dan perpajakan yang berlaku dalam suatu wilayah.

Demi menghasilkan rekomendasi perpajakan yang tepat bagi klien, seorang penasihat pajak harus terampil dalam analisis serta memiliki pola pikir kritis. Kemampuan mempertimbangkan dan mengambil keputusan secara tepat serta penalaran deduktif dan infuktif dapat menjadi nilai tambah untuk menjadi seorang penasihat pajak yang andal. Pengetahuan administratif juga diperlukan untuk mengelola data-data perpajakan.

Di luar itu, seorang penasihat pajak harus dapat menjaga hubungan baik dengan kliennya. Untuk itu, ia mesti paham dalam menyusun informasi serta dapat menyampaikannya baik dalam bentuk lisan dan tulisan. Hal ini diperlukan agar ia dapat menjelaskan rekomendasi perpajakan kepada klien secara sederhana dan mudah dipahami. Kemampuan berbahasa Inggris juga diperlukan karena klien dapat berasal dari berbagai negara.



Instansi pekerjaan

  • Perbankan
  • Perusahaan
  • Pemerintahaan