span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Sports Development Officer

Deskripsi

Petugas pengembangan olahraga memiliki tugas untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk ambil bagian dalam olahraga dan memastikan bahwa setiap masyarakat disediakan kegiatan untuk olahraga. Mereka juga memiliki tugas untuk mendistribusikan informasi mengenai olahraga dan mengatur proyek-proyek yang berhubungan dengan pembinaan serta pelatihan atlit olahraga.

Berbagai profesi terkait

  • Manajer Atlet
  • Sports Officer

Kisaran Pendapatan

Gaji Sports Development Officer berkisar mulai dari Rp5.000.000 hingga Rp9.000.000 atau lebih sesuai dengan kontrak kerja bersama klub olahraga terkait. 


Kualifikasi

Tidak Memerlukan Kualifikasi Khusus.



Keahlian dibutuhkan

Salah satu tugas utama bagi seorang petugas pengembangan olahraga adalah mendistribusikan informasi mengenai olahraga kepada masyarakat. Oleh karena itu, kemampuan utama yang wajib dimiliki oleh seorang petugas pengembangan olahraga adalah kemampuan komunkasi yang baik. Tak hanya kemampuan berkomunikasi, ia juga harus mengetahui strategi komunikasi yang tepat supaya informasi tersebut dapat terdistribusikan secara efektif.

Selain itu, profesi ini juga memiliki tugas untuk mengatur proyek-proyek yang berhubungan dengan pembinaan dan pelatihan olahraga. Oleh sebab itu, seorang petugas pengembangan olahraga wajib memiliki keahlian administrasi dan manajemen yang baik agar proyek tersebut memiliki perencanaan dan eksekusi yang baik. Dengan itu, proyek yang dibuat dapat berjalan secara efektif dan tepat sasaran. Tak hanya itu, ia juga membutuhkan kemampuan koordinasi yang baik supaya proyek berjalan lancar.

Profesi ini pun dituntut untuk mampu dan berani mengambil keputusan yang strategis pada pekerjaannya. Ia juga harus memiliki sensitivitas masalah serta kemampuan monitoring agar dapat mengantisipasi masalah yang dapat menghambat pekerjaannya. Kemampuan lain yang perlu dimiliki seorang petugas pengembangan olahraga adalah pemahaman lisan dan tulis, penyusunan informasi, layanan pelanggan dan personal, serta pengetahuan di bidang psikologi atlet.



Instansi pekerjaan

  • Klub olahraga