span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Software Quality Assurance Engineer

Deskripsi

Software quality assurance engineer adalah seseorang yang memonitori setiap tahap pengembangan perangkat lunak sehingga dapat memastikan kualitas rancangan dan memastikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Mereka harus bisa memastikan bahwa perangkat lunak yang dibuat dapat bekerja sebelum dirilis ke publik. Tugas mereka meliput merancang perangkat lunak, menulis dan mengontrol source code, meninjau code, mengelola konfiguras, serta menguji program perangkat lunak. Seorang software quality assurance engineer yang bagus harus memiliki kemampuan untuk berpikir analitis dagar dapat memberikan solusi yang cepat mengenai masalah persandian yang dapat mempengaruhi hasil kerjanya.

Berbagai profesi terkait

  • Trainee Quality Assurance Engineer
  • Quality Assurance Engineer
  • Senior Quality Assurance Engineer
  • Quality Assurance Manager

Kisaran Pendapatan

Gaji Software Quality Assurance Engineer berkisar Rp 1.400.000 hingga Rp 13.300.000, namun gaji rata - rata Software Quality Assurance Engineer adalah Rp 5.850.000 tergantung pada UMK / UMP di masing – masing daerah.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Komputer, Teknik Informatika, dan Jurusan Lain yang Relevan; Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika.



Keahlian dibutuhkan

Seorang software quality assurance engineer tentu wajib memiliki keahlian dan pengetahuan di bidang komputer dan teknologi karena ia bertugas dalam memastikan kualitas pengembangan sebuah perangkat lunak sebelum diluncurkan. Untuk itu, ia mesti memiliki keahlian dan pengetahuan yang berkaitan dalam pengembangan sebuah perangkat lunak. Misalnya, kemampuan desain ia perlukan untuk merancang dan mengawasi rancangan sebuah perangkat lunak.

Seorang software quality assurance engineer pun wajib mempunyai kemampuan monitoring dan sensitivitas masalah untuk mengawasi pengembangan perangkat lunak serta mengantisipasi masalah-masalah yang dapat timbul. Selain itu, ia juga dituntut untuk memberikan solusi yang cepat mengenai masalah-masalah yang timbul dalam pengembangan sebuah perangkat lunak. Untuk itu, profesi ini harus mempunyai kemampuan penyelesaian masalah kompleks.

Tak hanya itu, ia pun dituntut untuk kritis dan memiliki kemampuan analisis yang baik agar dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari solusi yang ditawarkan apabila terdapat masalah pengembangan sebuah perangkat lunak. Selain itu, ia pun mesti memiliki kemampuan evaluasi sistem agar mengetahui hal-hal apa yang masih perlu diperbaiki. Kemampuan lain yang wajib dimiliki profesi ini adalah Bahasa Inggris, Matematika, pertimbangan pengambilan keputusan, serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan computer