span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Sales

Deskripsi

Sebagai sales, kalian banyak menghabiskan waktu bekerja di luar lingkungan kantor untuk mencari pelanggan potensial dan memaksimalkan penjualan produk atau jasa dari suatu perusahaan. Dengan demikian, seorang sales harus memiliki kemampuan branding untuk dapat menarik ketertarikan calon konsumen terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan. Sales menjadi salah satu kunci bagi perusahaan untuk dapat memperluas pasar. Oleh karena itu, sales merupakan posisi pekerjaan yang umum dicari oleh berbagai perusahaan.

Berbagai profesi terkait

  • Salesperson
  • Agen Penjualan
  • Sales Representative
  • Penjual
  • Petugas Penjualan
  • Pegawai Penjualan
  • Asisten Pelanggan

Kisaran Pendapatan

Gaji seorang sales executive bagi fresh graduate atau yang belum berpengalaman berkisar Rp1.750.000 hingga Rp4.000.000 tergantung perusahaan tempat bekerja maupun kompetensi yang dimiliki. Setelah dianggap cukup sukses dengan target yang ada, biasanya jabatan akan naik menjadi Team Leader dari sebuah wilayah atau daerah. Gaji beranjak naik berkisar Rp5.000.000 hingga Rp7.000.000 atau lebih. Sementara itu untuk level Manajer, gaji yang diperoleh dapat mencapai lebih dari Rp10.000.000/bulan.   


Kualifikasi

Gelar Sarjana Semua Jurusan.



Keahlian dibutuhkan

Tugas utama seorang sales adalah menjual produk barang/jasa yang ditawarkan agar mencapai target penjualan. Maka, seorang sales wajib mengetahui strategi penjualan dan pemasaran yang efektif agar target tersebut dapat cepat dicapai. Ia juga harus jeli dalam melihat peluang, peluang tersebut dapat diketahui salah satunya dengan menganalisis tren yang sedang berkembang di tengah masyarakat.

Dalam menawarkan produknya, seorang sales harus dapat mempresentasikan produk yang dijual secara menarik supaya dapat memikat calon pelanggan. Maka, ia mesti menguasai pemahaman lisan dan tulis dalam menawarkan produk tersebut. Kemampuan presentasi ini akan lebih baik bila ditunjang dengan Bahasa Inggris yang baik karena segmentasi pasar penjualan produk bisa saja meliputi orang-orang dari negara lain.

Selain itu, ia juga perlu memiliki kemampuan negosiasi dan persuasi yang baik agar ia tidak ditolak begitu saja oleh calon pelanggan. Penolakan dari calon pelanggan memang sering dialami sales, maka kegigihan dan kesabaran wajib dimiliki oleh seorang sales. Tak ketinggalan, ia pun mesti berkoodinasi dengan rekannya supaya pekerjaan dapat dilakukan secara efektif.

Meski dibebani target penjualan, orientasi utama seorang sales adalah kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, ia harus mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan calon pelanggan. Sebagai perwujudannya, ia wajib menjaga perilaku serta sikapnya saat berhadapan dengan pelanggan dan calong pelanggan.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan Jasa