span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Retail Manager

Deskripsi

Manajer retail bertanggung jawab untuk menjalankan kegiatan operasional sehari-hari dari suatu gerai toko. Seorang manajer retail harus dapat mengelola dan memotivasi tim untuk meningkatkan penjualan dan memastikan efisiensi, menganalisis angka penjualan, meramalkan angka penjualan di masa depan, mengelola tingkat ketersediaan barang, serta membuat keputusan penting tentang pengendalian persediaan barang. Dengan demikian, seorang manajer retail harus menguasai akuntansi dan keuangan, memiliki kemampuan untuk merencanakan beban kerja dan mendelegasikannya, serta memahami konsep-konsep baru dengan cepat.

Berbagai profesi terkait

  • Retail Manager
  • Supervisor Retail
  • Retail Sales Representative
  • Manajer Retail
  • Manajer Retail Regional
  • Manajer Retail Distrik

Kisaran Pendapatan

Gaji Retail Manager berkisar mulai dari Rp4.500.000 hingga Rp8.500.000/bulan atau lebih sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, Manajemen, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Jiwa kepemimpinan adalah hal yang amat penting untuk dimiliki seorang manajer ritel. Sebab, ia merupakan sosok yang bertanggung jawab dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari serta meningkatkan jumlah penjualan dari suatu gerai toko. Profesi ini dituntut mampu mengelola sumber daya yang ada serta mendelegasikan beban kerja kepada setiap anak buahnya. Ia juga harus dapat berkoordinasi dengan para anak buahnya dalam mengoperasikan gerai toko.

Selain kepemimpinan, seorang manajer ritel juga harus mengetahui strategi penjualan dan pemasaran. Sebab, ia bertugas untuk meningkatkan penjualan dari sebuah gerai toko. Untuk itu, ia wajib menganalisis angka penjualan untuk memprediksi angka penjualan di masa depan. Pola pikir kritis serta sensitif dengan lingkungan sekitar pun diperlukan supaya gerai yang dipimpinnya tidak kalah saing.

Meski berorientasi pada angka penjualan, manajer ritel wajib mengutamakan kepuasan konsumen. Oleh karena itu, ia harus mampu melayani konsumen dengan sikap yang baik agar konsumen bersedia datang kembali ke gerai toko yang bersangkutan.

Tak hanya dengan konsumen, seorang manager ritel wajib menjaga hubungan dengan pihak-pihak lainnya pula. Misalnya anak buah, distributor, pemilik bisnis, dan pemilik gedung apabila gerai tokonya masih berstatus sewa. Untuk itu, kemampuan persuasi dan negosiasi dapat menjadi nilai tambah bagi profesi ini dalam menjalankan pekerjaannya. Tak ketinggaan, keahlian Bahasa Inggris juga diperlukan.



Instansi pekerjaan

  • Perusahaan
  • Wirausaha
  • Pertokoan