span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Project Manager

Deskripsi

Manajer proyek adalah sebuah pekerjaan yang harus memastikan sebuah proyek selesai tepat waktu, sesuai anggaran, dan tujuan proyek terpenuhi. Sebagai pemimpin proyek, keahlian yang penting untuk dimiliki adalah kepemimpinan, manajemen tim, serta komunikasi yang baik. Manajer proyek biasanya memimpin dengan memberikan contoh sehingga diharapkan dalam waktu bekerja sama dengan stafnya. Manajer proyek merupakan salah satu posisi yang penting dalam suatu perusahaan.

Berbagai profesi terkait

  • Project Supervisor
  • Project Leader
  • Program Manager
  • Associate Project Manager

Kisaran Pendapatan

Gaji Manajer Proyek pada posisi Assistant Manager Rp8.500.000 hingga Rp17.500.000/bulan. Sementara untuk posisi Senior Manager dan General Manager gaji berada pada kisaran Rp15.000.000 hingga Rp30.000.000 atau lebih.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Ekonomi, Manajemen, Teknik Industri dan Jurusan lain yang relevan.



Keahlian dibutuhkan

Sebagai pemimpin sebuah proyek, manajer proyek tentu harus memilki kepemimpinan yang baik pula. Sementara, kunci keberhasilan memimpin itu dapat dimulai dengan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi ini dapat berwujud pada cara ia memberikan arahan kepada anak buahnya serta cara ia memberi kritik dan saran kepada mereka. Hal ini penting untuk dikuasai karena akan berpengaruh pada bentuk kerjasama tim yang dipimpinnya.

Sebagai seorang pemimpin, manajer proyek tentu harus mampu mengoordinasikan anak buahnya sepanjang proyek agar proyek dapat diselesaikan secara efektif. Tak hanya kecakapan dalam memimpin, profesi ini juga dituntut untuk memilki kemampuan dalam mengelola sebuah proyek, mulai dari perencanaan hingga hasil akhir. Misalnya dalam menyusun anggaran, jadwal serta melakukan evaluasi.  Selain itu, ia juga harus memiliki manajemen waktu dan manajemen sumber daya yang baik.

Apabila ada masalah yang muncul dalam berjalannya sebuah proyek, seorang manajer proyek wajib mampu mengambil keputusan secara cepat untuk mengatasi masalah tersebut. Sebab, apabila hal itu dibiarkan pasti akan menghambat perkembangan proyek dan menyebabkan proyek tidak dapat selesai sesuai target. Untuk mencegahnya, ia harus memiliki sensitivitas masalah serta pola pikir yang kritis.



Instansi pekerjaan

  • Event Organizer
  • Perusahaan