span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Project Engineer

Deskripsi

Seorang project engineer memiliki tanggung jawab untuk memastikan sebuah proyek selesai sesuai dengan rencana awalnya. Untuk hal tersebut tercapai, mereka harus mempersiapkan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan teknis dalam sebuah proyek, seperti manajemen vendor, menjamin akurasi keuangan, ataupun mengelola sumber daya tim dengan pelatihan.

Berbagai profesi terkait

  • Insinyur Proyek
  • Teknisi Proyek
  • Asisten Manajer Proyek

Kisaran Pendapatan

Gaji Project Engineer berkisar Rp750.000 hingga Rp15.400.000, namun gaji rata rata Project Engineer adalah Rp 5.600.000 tergantung pada UMK / UMP di masing-masing daerah.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Kimia, dan Jurusan Lain yang Relevan.



Keahlian dibutuhkan

Seorang project engineer memiliki tugas untuk memastikan sebuah proyek selesai sesuai dengan rencana. Untuk itu, kemampuan administrasi dan manajemen merupakan modal penting bagi profesi ini agar ia dapat mengelola dan mengorganisir proyek agar berjalan sesuai rencana. Ia pun mesti mempunyai pengetahuan di bidang rekayasa dan teknologi supaya ia dapat mengetahui teknologi seperti apa yang dapat dimanfaatkan untuk mempercepat selesainya proyek.

Seorang project engineer dituntut pula untuk kritis dan mempunyai kemampuan analisis yang baik supaya dapat menemukan dan mempertimbangkan solusi yang tepat apabila terjadi masalah dalam sebuah proyek. Ia pun dituntut untuk mampu mempertimbangkan dan mengambil keputusan secara matang. Sensitivitas masalah juga perlu dimiliki oleh profesi ini agar ia dapat mengidentifikasi dan mengantisipasi masalah yang akan muncul.

Apabila terjadi masalah, seorang project engineer wajib memiliki respon dan reaksi yang cepat dalam menyelesaikan masalah tersebut agar tidak terlalu menghambat pekerjaan sebuah proyek. Demi memastikan proyek berjalan sesuai rencana, ia mesti memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar mampu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Tak hanya itu, ia pun perlu memiliki manajemen waktu yang baik supaya ia dapat menyusun jadwal proyek yang realistis. Kemampuan lain yang wajib dimiliki seorang project engineer adalah matematika, manajemen sumber daya personalia, serta Bahasa Inggris.



Instansi pekerjaan

  • Proyek pembangunan
  • Perusahaan
  • Pemerintahan