span 1 span 2 span 2

Ekonomi

Producer

Deskripsi

Produser bertanggung jawab untuk mengawasi dan terlibat dalam proses pembuatan program televisi, film, ataupun video dari awal sampai akhir. Tugas yang biasa dilakukan seorang produser adalah memproduksi dan memilih iklan, film, dokumenter pendek, serta pesan audio dan video untuk mengembangkan materi suatu program. Tugas seorang produser sangat penting dikarenakan dapat membuat sutradara dan anggota tim lainnya bisa berkonsentrasi pada aspek lainnya.

Berbagai profesi terkait

  • Produser Animasi
  • Perwakilan Produser
  • Produser Eksekutif
  • Produser Berita
  • Produser Siaran Berita
  • Produser Promosi
  • Produser Radio
  • Produser Berita Televisi
  • Produser Televisi

Kisaran Pendapatan

Gaji Producer untuk level staff berkisar Rp4.000.000 hingga Rp6.500.000.


Kualifikasi

Gelar Sarjana Semua Jurusan.



Keahlian dibutuhkan

Sebagai sosok yang bertanggung jawab atas keseluruhan produksi program televisi atau film, kemampuan yang harus dikuasai seorang produser tentu tidak sebatas teknis produksinya saja. Seorang produser, misalnya, dituntut untuk memilki kemampuan koordinasi yang amat baik. Sebab, ia akan mengkoordinir seluruh pihak dalam sebuah produksi, mulai dari aktor, sutradara, kru, sponsor, bagian pemasaran film, hingga pihak bioskop atau stasiun TV yang akan menayangkan film. Oleh sebab itu, ia juga harus memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik.

Selain itu, ia juga wajib menguasai administrasi dan manajemen agar ia tahu cara mengelola dan mengorganisir kegiatan produksi program tv atau film mulai dari awal hingga akhir. Manajemen waktu juga wajib dikuasai oleh seorang produser agar kegiatan produksi dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Profesi ini pun dituntut untuk kritis serta memiliki sensitivitas masalah agar ia mampu mengantisipasi dan menyelesaikan masalah yang dapat muncul pada kegiatan produksi. Selain itu, ia juga harus mampu dan berani dalam mengambil keputusan yang krusial.

Dalam fase praproduksi dan produksi, kreativitas perlu dimiliki seorang produser supaya film atau program tv yang dibuat memiliki keunikan tersendiri dibanding kompetitornya. Sementara, pada fase pascarpoduksi ia wajib mengetahui strategi pemasaran yang tepat supaya film atau program tv yang dibuat laku di pasaran. Kemampuan lain yang perlu ia kuasai adalah Bahasa Inggris, pengelolaan sumber daya manusia, serta pemahaman lisan dan tulis.



Instansi pekerjaan

  • Production house